Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dalam meningkatkan hasil belajar IPA materi tumbuhan siswa kelas IV SD Negeri 2 Seith kecamatan Leihitu kabupaten Maluku Tengah

Suilehu, Suhur Laila (2014) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dalam meningkatkan hasil belajar IPA materi tumbuhan siswa kelas IV SD Negeri 2 Seith kecamatan Leihitu kabupaten Maluku Tengah. Skripsi thesis, IAIN AMBON.

[img] Text
FULL SKRIPSI_ 70.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB I, III, V_70.pdf

Download (896kB)

Abstract

Pendidikan IPA di tingkat sekolah dasar khususnya di SD Negeri 2 Seith, selama kurun waktu dua tahun ini, rata-rata hasil evaluasi belajar siswa menunjukan hasil yang kurang memuaskan, hal ini disebabkan metode pembelajaran yang digunakan guru selama ini umumnya komunikasi satu arah karena selalu menggunakan metode ceramah. Perlunya perubahan secara bertahap dari pembelajaran berpusat pada guru ke arah pembelajaran yang berpusat pada siswa, dengan tetap memperhatikan aktifitas siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat mengakomodir keaktifan siswa seluruh kelas adalah dengan diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair Share (TPS), maka dalam penelitian ini yang menjadi rumusan masalah adalah apakah penerapan Model Pembelajan Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi tumbuhan siswa kelas IV SD Negeri 2 SEith Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah? Tipe penelitian ini tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) siswa kelas IV SD Negeri 2 Seith Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah, dengan subyek penelitian sebanyak 24 orang siswa. Hasil penelitian menunjukan terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I nilai rata-rata 60,00 dan pada siklus II nilai rata-rata 75,4 sedangkan ketuntasan klasikal pada siklus I 45,83% dan siklus II meningkat menjadi 87,5%. Pada siklus II ketuntasan sudah memenuhi KKM secara klasikal 75%. Kesimpulannya bahwa penerapan model pembelajara Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajas siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I; Drs. Moh Yamin Rumra, M.Si, Pembimbing II; Irfan Lasaiba, M.Biotech
Uncontrolled Keywords: Penerapan Model Pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) Meningkatkan Hasil belajar
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Abdullah Usemahu
Date Deposited: 26 Aug 2020 04:49
Last Modified: 26 Aug 2020 04:49
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/480

Actions (login required)

View Item View Item