Analisis merkuri (Hg) pada tanaman padi (Oryza sativa) di desa Wamsait kecamatan Waeapo dan aplikasi dalam modul praktikum pengetahuan lingkungan

Muhammad, Julina (2018) Analisis merkuri (Hg) pada tanaman padi (Oryza sativa) di desa Wamsait kecamatan Waeapo dan aplikasi dalam modul praktikum pengetahuan lingkungan. Skripsi thesis, IAIN AMBON.

[img] Text
FULL SKRIPSI_70.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB I, III, V_70.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sungai Waeapo merupakan salah satu sungai yang berada di Kabupaten Buru yang pada tahun 2012 mengalami pencemaran limbah merkuri akibat penambangan emas ilegal oleh masyarakat di Gunung Botak. Merkuri digunakan sebagai pengikat logam emas, limbah merkuri dibuang begitu saja dan ketika hujan limbah tersebut mengalir ke sungai dan persawahan disekitarnya hingga terjadi pencemaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui merkuri (Hg) pada tanaman padi (Oryza sativa) di Desa Wamsait Kecamatan Waeapo Kabupaten Buru dan untuk mengetahui besar kandungan merkuri (Hg) pada tanaman padi (Oryza sativa) di Kecamatan Waeapo Kabupaten Buru. Jenis penelitian yang dipakai adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan pendekatan eksperimen laboratorium untuk menemukan kandungan merkuri (Hg) pada tanaman padi (Oryza sativa) yang terdiri dari akar, batang, daun serta buah. Sampel penelitian diambil di Desa Wamsait Kecamatan Waeapo dan analisis sampel dilakukan di Laboratorium KIMIA Universitas Muhammadiyah Malang. Penelitian ini dimulai tanggal 05 September sampai tanggal 26 Oktober 2018. Berdasarkan hasil penelitian tentang analisis merkuri (Hg) pada tanaman padi (Oryza sativa) yang terdiri dari akar, batang, daun dan buah, menunjukkan bahwa terdapat kandungan Hg pada setiap sampel, walupun masih dalam ambang batas normal karena jumlahnya di bawah 0,05 ppm. Adapun setelah dilakukan Analisis Uji Beda (Tukey), kandungan merkuri yang paling banyak terakumulasi yaitu pada batang padi sebesar 0.03398 ppm, akar 0.02483 ppm, daun 0.01210 ppm dan akumulasi terendah pada buah yaitu 0.003522 ppm.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I; Dr. Insun Sangadji, M.Si. Pembimbing II; Wa Atima, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Analisis Merkuri (Hg) Padi (Oryza sativa) Pengetahuan lingkungan
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Abdullah Usemahu
Date Deposited: 31 Aug 2020 02:54
Last Modified: 31 Aug 2020 06:51
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/499

Actions (login required)

View Item View Item