Litiloly, Julianti (2019) Implementasi kegiatan Halaqah Dalam Membina Akhlak Peserta Didik Kelas VII Putri di SMP Islam Terpadu AS-Salam Kebun Cengkeh Kota Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.
Text
bab 1,3,5.pdf Download (2MB) |
|
Text
bab 1-5.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Kegiatan halaqah merupakan salah satu program yang dilakukan oleh sekolah SMP IT As-Salam Ambon sebagai upaya pembinaan karakter kepada seluruh peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk Untuk Mengetahui bagaimana implementasi kegiatan halaqah dalam membina akhlak peserta didik serta untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi kegiatan halaqah dalam membina akhlak peserta didik kelas VII Putri di SMP IT As-Salam Kebun Cengkeh Kota Ambon. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah 1 pembina kegiatan halaqah,1 wali kelas VII, dan 4 peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi serta menggunakan analisis data (reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan). Penelitian ini dilaksanakan selama satu bulan sejak tanggal 21 Maret 2019 sampai dengan 22 April 2019, berlokasi di SMP IT As-Salam Ambon. Jln Kebun cengkeh Batu merah, Kecamatan sirimau,kota Ambon, Provinsi Maluku. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi kegiatan halaqah sangat baik dalam membina akhlak peserta didik dilihat dari latar belakang diterapkan kegiatan halaqah karena melihat kondisi peserta didik yang kurang baik, serta kurangnya pengetahuan agama dan praktek ibadah yang kurang baik dari peserta didik. Untuk itu upaya yang dilakukan untuk membina akhlak peserta didik dalam kegiatan halaqah dengan 1). Memahami kandungan al-Quran, 2). Memberikan tausiyah (ceramah keagamaan) terkait dengan materi-materi fiqih, akhlak, akidah, dan kisah-kisah Nabi, 3).Mutba’ah amal (evaluasi) di akhir kegiatan halaqah sebagai muhasabah atau renungan peserta didik untuk memperhatikan kualitas iman dan bahan evalausi amalan-amalan yang dilakukan. kegiatan halaqah ini juga tidak terlepas dari yang namanya faktor pendung dan penghamabat. Adapun beberapa faktor yang mendukung kegiatan halaqah dalam membina akhlak peserta didik putri kelas VII yaitu: 1). Pembimbing/pembina sebagai contoh atau tauladan yang baik bagi peserta didik 2). Minat peserta didik yang selalu serius dalam mengikuti kegiatan halaqah 3). Dukungan dari pihak sekolah dengan memberikan fasilitas serta partisifasi guru dalam membantu mengawasi kegiatan halaqah. sedangkan faktor penghambatnya yaitu : 1), Lingkungan yang kurang baik 2). Kurangnya minat dari peserta didik untuk serius dalam mengikuti kegiatan halaqah . 3). Penggunaan Media sosial yang berlebihan oleh peserta didik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Djamila Lasaiba, MA / Dr. Nurhasanah, M.SI |
Uncontrolled Keywords: | halaqah |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | La Iba |
Date Deposited: | 07 Sep 2020 01:56 |
Last Modified: | 07 Sep 2020 01:56 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/508 |
Actions (login required)
View Item |