Pengembangan Bahan Ajar Biologi Melalui Pembelajaran Kooperatif Dengan Tipe STAD Pada Konsep Sistem Pencernaan Makanan Kelas VIII MTs Negeri Kota Ambon

Ardiansyah, Ardiansyah (2019) Pengembangan Bahan Ajar Biologi Melalui Pembelajaran Kooperatif Dengan Tipe STAD Pada Konsep Sistem Pencernaan Makanan Kelas VIII MTs Negeri Kota Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
bab 1,3,5.pdf

Download (2MB)
[img] Text
bab 1-5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pengembangan bahan ajar dengan melalui pembelajaran kooperatif dengan tipe STAD diharapkan bisa menjadikan model pembelajaran lebih menarik. Hal ini karena pembelajaran yang diterapkan di MTs Negeri Kota Ambon khususnya mata pelajaran biologi guru kurang mengefektifkan bahan ajar kepada siswa, sehingga bahan ajar tidak terlalu dikenal oleh siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan modul berbasis model pembelajaran kooperatif dengan tipe STAD di MTs Negeri Kota Ambon. Dan untuk mengetahui kualitas modul berbasis model pembelajaran kooperatif dengan tipe STAD di MTs Negeri Kota Ambon. Tipe yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau research depelovment (R & D). tempat penelitian yang akan dilaksanakan oleh peneliti adalah di MTs Negeri Kota Ambon. Waktu penelitian ini akan dilaksanakan selama satu bulan terhitung sejak tanggal 16 Juli 2019 sampai 16 Agustus 2019. Dengan prosedur kerja analisis, design, development, implementation, evaluation, dengan analisis data kevalidan, kepratisan dan keefektifan. Dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran berbasis model pembelajaran kooperatif dengan tipe STAD yang dikembangkan berupa Analysis, berupa proses dokementasi, menganalisis kebutuhan siswa dalam pembelajaran dan standar kompetensi, Design, berupa perancangan pembelajaran dengan mempertimbangan hasil analisis, serta Development, akan digunakan dalam proses pembelajaran dan melakukan penilaian terhadap bahan ajar. Kualitas modul berbasis model pembelajaran berdasarkan data uji kevalidan memenuhi kategori valid dengan aspek penilian validator 4,27. uji kepraktisan 4 dan kategori efektif melihat rata-rata ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 90%, dengan 18 siswa tuntas dan 2 siswa yang belum tuntas, dan mendapat respon positif dari guru dan siswa terhadap bahan ajar yang dikembangkan yaitu modul sistem pencernaan makanan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. M. Faqih Seknun, M.Pd / Cornelia Pary, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 10 Sep 2020 02:02
Last Modified: 20 Apr 2021 03:52
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/523

Actions (login required)

View Item View Item