Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Kemampuan Belajar Siswa SMP Negeri 6 Kairatu Kelas VII Semester 2 Pada Konsep Ekosistem

Rumonin, Darsi (2019) Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Kemampuan Belajar Siswa SMP Negeri 6 Kairatu Kelas VII Semester 2 Pada Konsep Ekosistem. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
bab 1,3,5.pdf

Download (3MB)
[img] Text
bab 1-5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penerapan model pembelajaran berbasis masalah di sekolah diharapkan mampu meningkatkan aspek pengetahuan pada taraf pemahaman konsep dan berpikir kritis siswa yang selama ini kurang dilatih khususunya pada proses pembelajaran di SMP Negeri 6 Kairatu Kabupaten Seram Bagian Barat. Dimana dalam proses belajar mengajar di kelas, siswa lebih ditekankan pada aspek pengetahuan yang sifatnya hafalan. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen dengan tujuan membandingkan dua kelas yang menerapkan model pembelajaran konvensioanal dan model pembelajaran berabasis masalah. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas VII SMP Negeri 6 Kairatu Kabupaten Seram Bagian Barat yang berlangsung mulai tanggal 13 Maret sampai 13 April 2018. Sampel dalam penelitian ini ialah 30 siswa kelas VII1 dan 30 siswa kelas VII2. Data yang diolah dalam penelitian ini berasal dari instrument tes berupa pretest dan posttest serta aktifitas belajar siswa dalam proses belajar mengajar pada konsep ekosistem. Analisis data dalam penelitian menggunkan analisis deskriptif dan inferensial dengan menggunakan nilai pretest dan posttest siswa sebagai instrumen untuk mengetahui kemampuan belajar siswa. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai siswa setelah diberi posttest terdapat perbedaan yakni, rata-rata siswa kelas kontrol memiliki nilai 66,53 sedangkan rata-rata siswa kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata 79,13. Uji Hipotesis diketahui thitung≥ttabel yakni (5,65>2,000). Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah berpenagruh signifikan terhadap kemampuan belajar siswa SMP Negeri 6 Kairatu kelas VII semester 2 pada konsep ekosistem.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. M Faqih Seknun, M.Pd / Syarifuddin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, pembelajaran berbasis masalah
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 10 Sep 2020 06:20
Last Modified: 10 Sep 2020 06:20
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/527

Actions (login required)

View Item View Item