Perbandingan hasil belajar kognitif melalui model interaksi edukatif dan model konvensional pada konsep ekosistem di SMP Negeri Lena Kabupaten Buru Selatan

Ladou, Jalal Tukmuli (2018) Perbandingan hasil belajar kognitif melalui model interaksi edukatif dan model konvensional pada konsep ekosistem di SMP Negeri Lena Kabupaten Buru Selatan. Skripsi thesis, IAIN AMBON.

[img] Text
FULL SKRIPSI_76.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB I, III, V_76.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif melalui model interaksi interaksi edukatif dan model konvensional pada konsep ekosistem di Smp negeri lena kabupaten buru selatan serta mengetahui besar perbadaan hasil belajar konitif melalui model interaksi edukatif dan model konvensional pada konsep ekosistem di Smp negeri lena kabupaten buru selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan model desain pretest posttest control group design. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik cluster sampling. Kelas VIIB dipilih sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah siswa 31 dan kelas VIIA dipilih sebagai kelompok kontrol dengan jumlah siswa 31. Data yang dikumpulkan berupa lembar observasi, dokumentasi, dan tes hasil belajar kognitif. Hasil penelitian yang diperoleh pada kedua kelompok tersebut melalui analisis deskriptif yaitu hasil belajar kognitif melalui model interaksi edukatif rata-rata nilai post test pada kelas eksperimen sebesar 67,54 sedangkan hasil belajar kognitif melalui model konvensional rata-rata nilai posttest kelas kontrol sebesar 47,93. Hasil analisis inferensial menungjukan bahwa besar perbedaan nilai hasil belajar yang diperoleh F= 50.655.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I; Dr. Ismail DP, M. Pd Pembimbing II; Dr. Muhammad Rijal, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Perbandingan Hasil belajar kognitif Model interaksi edukatif Konvensional Konsep ekosistem
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Abdullah Usemahu
Date Deposited: 14 Sep 2020 06:42
Last Modified: 14 Sep 2020 06:42
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/547

Actions (login required)

View Item View Item