Pengembangan LKS Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Keanekaragaman Hayati Untuk Kelas X di Madrasah Aliyah Tahfidzul Qur’an Al-Anshor

Latar, Melani (2019) Pengembangan LKS Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Keanekaragaman Hayati Untuk Kelas X di Madrasah Aliyah Tahfidzul Qur’an Al-Anshor. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
bab 1,3,5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
bab 1-5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pengembangan adalah suatu usaha untuk meningkatkan kemampuan teknis, teoritis,konseptual dan moral sesuai dengan kebutuhan melalui pendidikan dan latihan.Peserta didik dapat mengukur tingkat penguasaannya tentang materi yang di bahas pada satu satuan LKS.Setiap kegiatan belajar mengajar selalu melibatkan dua pelaku aktif, yaitu guru dan peserta didik.Untuk menunjukan kegiatan pembelajaran, di butuhkan perangkat pembelajaran berupa bahan ajar seperti LKS sebagai pedoman bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran di sekolah.selain perangkat pembelajaran, pengunaan strategi dan model pembelajaran juga tidak kalah pentingnya dalam pembelajaran di kelas. Salah satu model pembelajaran yang di terapkan dalam mata pelajaran Biologi atau pada konsep keanekaragaman hayati adalah model pembelajaran inkuiri terbimbing.Adapun Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan modul biologi berbasis inkuiri terbimbing pada materi Keanekaragaman Hayati dan untuk mengetahui bagaimna kualitas pengembangan LKS biologi berbasis inkuiri terbimbing pada materi Keanekaragaman Hayati di Madrasah AliyahTahfidzulQur’anAl-Anshor. Tipe penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D) atau Thiagrajan yang meliputi 4 Tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran .namun dalam penelitian ini hanya sampai pada tahap ketiga. Instrument yang di gunakan dalam penelitian yang di lakukan berupa, lembar validasi, lembar keterlaksanaan pembelajaran, dan soaltes Hasil penelitian pada LKS berdasarkan pada hasil pengembangan pada uji coba bahwa perangkat pembelajaran yang di kembangkan valid dengan kriteria 4,26. Praktis 4,4 dan efektif 81,05. Serta respon positif terhadap LKS dari siswa dengan presentase 85% .Berdasarkan hasil respon tersebut maka perangkat yang dikembangkan dalam penelitian ini termasuk kategori sangat valid, praktis, dan efektif serta layak untuk di gunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Ummu Sa’idah,S.Ag. M.Pd.I / Nina Yuliana Mulyawati, M.Pd
Uncontrolled Keywords: LKS, inkuiri
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 17 Sep 2020 01:33
Last Modified: 17 Sep 2020 01:33
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/554

Actions (login required)

View Item View Item