Penerapan strategi pembelajaran Ekspositori dengan menggunakan metode diskusi pada materi Fotosintesis untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik SMP Negeri 21 kabupaten Pulau Buru.

Galela, Sulung (2018) Penerapan strategi pembelajaran Ekspositori dengan menggunakan metode diskusi pada materi Fotosintesis untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik SMP Negeri 21 kabupaten Pulau Buru. Skripsi thesis, IAIN AMBON.

[img] Text
FULL SKRIPSI_86.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB I, III, V_86.pdf

Download (2MB)

Abstract

Strategi pembelajaran ekspositori adalah strategi pembelajaran yang menekankan pada proses penyampaian materi secara verbal dari seorang guru kepada sekelompok siswa dengan maksud agar siswa dapat menguasai materi pelajaran secara optimal. Dalam strategi ini, materi pelajaran disampaikan langsung oleh guru. Siswa itu dituntut untuk menemukan materi tersebut. Materi pelajaran seakan-akan sudah jadi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi pembelajaran ekspositori dengan menggunakan metode diskusi pada materi fotosintesis dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik SMP Negeri 21 Kabupaten Pulau Buru. Tipe penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan di SMP Negeri 21 Kabupaten Pulau Buru pada tanggal 03 November 2017 sampai dengan 11 Desember 2017. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Kabupaten Pulau Buru, dan sampelnya adalah siswa kelas VIIIA dengan jumlah 24 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah instrumen tes, yakni soal-soal tes terkait materi fotosintesis. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi atau pengamatan, tes, dan dokumentasi, dan data dianalisis menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran ekspositori dengan menggunakan metode diskusi pada materi fotosintesis dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Negeri 21 Kabupaten Pulau Buru. Hal ini dapat dilihat dari nilai yang diperoleh siswa, yaitu nilai tuntas 18 siswa atau 75% dan nilai tidak tuntas 6 siswa atau 25%, dan hasil belajar tersebut sudah mencapai KKM baik individual maupun klasikal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I; Dr. H. F. Arifin Toatubun, M.Ag Pembimbing II; Deli Wakano, M.Si
Uncontrolled Keywords: Penerapan Strategi Pembelajaran Ekspositori Fotosintesis Meningkatkan Hasil belajar
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Abdullah Usemahu
Date Deposited: 05 Oct 2020 03:07
Last Modified: 05 Oct 2020 03:07
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/578

Actions (login required)

View Item View Item