Pelaksanaan Bimbingan Agama Terhadap Anak Jalanan Di Pasar Mardika Kota Ambon

Soamole, Lestari (2019) Pelaksanaan Bimbingan Agama Terhadap Anak Jalanan Di Pasar Mardika Kota Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (11MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31MB)

Abstract

Orangtua merupakan peletak dasar pembentukan kepribadian seorang anak. Dimana orangtua memilki tanggunggg jawab besar dalam setiap tahap perkembangan seorang anak. Sebagaimana diketahui anak juga adalah amanah, maka orang tua harus menjaga ha1 itu. Jika orangtua kurang memperhatikan hal tersebut, maka tentulah anak akan terjerumus dengan kepribadian yang kurang baik. Penelitian ini untuk menjawab permasalahan berikut: Bagaimana pelaksanaan bimbingan agama terhadap anak jalanan di Pasar Mardika Kota Ambon. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Metode kualitatif merupakan pencarian fakta dengan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai suatu fenomena yang diselediki. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu: observasi, wawancara dan dokumentasi. Serta analisis data yang digunakan yakni teknik analisis dekriptif yang dimaksudkan untuk menggambarkan realitas yang terjadi dilapangan. Hasil penelitian menunjukan Pelaksanaan bimbingan agama terhadap anak jalanan di Pasar Mardika Kota Ambon yaitu: Model penerapan kegiatan bimbingan agama yang secara khusus diberikan terhadap anak jalanan di Pasar Mardika menggunakan layanan bimbingan kelompok. Kegiatan bimbingan agama yang diberikan oleh Ustad dilaksanakan secara terintegrasi dengan mengarahkan sang anak tentang ajaran islam yaitu cara membaca Al-quran (mengaji) dan sang anak-anak diajarkan rukun iman islam dan tata cara sholat. Dengan pelaksanaan kegiatan bimbingan agama tersebut sang anak dapat memahami apa yang diajarakan sesuai tuntunan ajaran agama islam, yang hasilnya pada awalnya anak tidak dapat membaca dan memahami tentang Al-Quran setelah Ia mengikuti bimbingan maka sanga anak sudah dapat memahaminya, selain itu dengan pelaksanaan ini dapat menumbuhkan sikap dan akhlak anak menjadi lebih baik. Meskipun begitu ada sedikit hambatan yang dialami dalam penerepan kegiatan bimbingan agama yang dilakukan ini yakni: Pelaksanaan bimbingan agama tidak secarab rutintas atau setiap hari tetapi dalam satu minggu 3 kali pelaksanaannya karna hal ini disesuaikan dengan kondisi dan kesibukan anak jalanan yang ada di Pasar Mardika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : M. Taib Kelian, M. Fil. I / Pembimbing II : Iin Candradewi Sungkonoputra, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Agama Untuk Anak Jalanan
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
IAIN Ambon > Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Berdasarkan Subyek > Bimbingan dan Konseling Islam
Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 22 Oct 2020 02:14
Last Modified: 22 Oct 2020 02:14
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/647

Actions (login required)

View Item View Item