Bahta, Pinye (2020) Pembinaan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri Lumoy Kecamatan Ambalau Kabupaten Buru Selatan. Skripsi thesis, IAIN Ambon.
Text
BAB 1,3,5.pdf Download (3MB) |
|
Text
BAB 1-5.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
SMP Negeri Lumoy merupakan lembaga pendidikan Negeri yang ada di Desa Lumoy Kecamatan Ambalau Kabupaten Buru Selatan. Lembaga pendidikan ini merupakan salah satu SMP Negeri yang dianggap baik dan/atau berhasil dalam menekan tindak kenakalan remaja. Meski demikian, masih ada juga kenakalan-kenakalan lain remaja yang spontan dan/atau sporadis terjadi baik antar sesama siswa maupun kepada warga sekitar dan bahkan kepada gurunya di Sekolah. Berdasarkan masalah tersebut peneliti melakukan penelitiannya. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Lokasi penelitian di SMP Negeri Lumoy Kecamatan Ambalau Kabupaten Buru Selatan. Penelitai ini dilakukan dari Tanggal 8 Juli 2019 sampai dengan Tanggal 8 Agustus 2019. Subjek penelitian sebanyak enam orang terdiri dari kepala sekolah 1 orang; guru PAI 1 orang dan 4 orang siswa kelas VIII. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara (interview) dan dokumentasi dengan teknik analisis datanya adalah deskriptif kualitatif meliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilakukan selain bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam membina karakter siswa di SMP Negeri Lumoy di Ambalau juga ingin mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru dalam upaya membina karakter siswa di SMP Negeri itu. Hasil penelitian ini adalah berikut: pertama, pembinaan guru PAI di SMP Negeri Lumoy Kecamatan Ambalau Kabupaten Buru Selatan dalam membentuk karakter siswa melakukannya dengan menggunakan empat cara pendekatan berikut: (1) memberikan nasehat dan motivasi; (2) menjadi teladan bagi siswa dalam berbagai hal; (3) mengadakan diskusi kelas antar siswa dan (4) menanamkan sikap disiplin kepada siswa. Kedua, faktor pendukung guru dalam upaya meningkatkan karakter siswa adalah berikut: (1) tersedianya sarana dan prasarana pendidikan yang memadai; (2) guru melaksanakan tugasnya dengan penuh tanggungjawab; dan (3) adanya kerjasama antara sekolah dan orang tua siswa. Ketiga, faktor penghambat guru dalam upaya meningkatkan karakter siswa adalah berikut: (1) lingkungan sekolah yang panas; (2) kinerja orang tua yang tidak maksimal; dan (3) lingkungan hidup masyarakat yang kurang kondusif.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Nurlaila Sopamena, M.Pd. / La Adu, M.A |
Uncontrolled Keywords: | Karakter |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | La Iba |
Date Deposited: | 23 Oct 2020 01:15 |
Last Modified: | 23 Oct 2020 01:15 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/649 |
Actions (login required)
View Item |