Penerapan Model Student Facilitator and Explaining pada Materi Kingdom Plantae dengan Menggunakan Kurikulum 2013 untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Haya

Sanaky, Nurjannah (2020) Penerapan Model Student Facilitator and Explaining pada Materi Kingdom Plantae dengan Menggunakan Kurikulum 2013 untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Haya. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
bab 1,3,5.pdf

Download (2MB)
[img] Text
bab 1-5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Model pembelajaran Student Fasilitator and explaining merupakan model pembelajaran dimana siswa belajar mempresentasikan ide pada peserta didik lainnya. Sementara hasil belajar merupakan suatu hal yang dimiliki oleh siswa setelah mengikuti proses pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan tingkat keberhasilan siswa dalam menguasai dan memahami materi pelajaran melalui latihan maupun pengalaman yang disertai perubahan tingkah laku. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah penerapan model student facilitator and explainingdapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 2 Hayapada materi kingdom plantae dengan menggunakan kurikulum 2013?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model student facilitator and explainingdapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 2 Hayapada materi kingdom plantae dengan menggunakan kurikulum 2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus yang mana dalam satu siklus ada empat tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi.Adapun teknik yang digunakan adalahtes,observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran dengan menerapkan modelStudent Facilitator and Explaining pada materi kingdom plantaedapat meningkatkan hasil belajarsiswa kelas XSMA Negeri 2 Haya. Hal ini ditunjukkan dengan nilai tes awal siswa yang semula sangat kurang memuaskan yaitu sebesar 31% dan rata-rata nilai tes awal siswa sebesar 56,7. Namun setelah mendapatkan pembelajaran dengan menerapkan modelStudent Facilitator and Explaining pada siklus I, hasil belajar siswa meningkat menjadi 79% dan rata-rata nilai tes sebesar 70,7.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. M. Faqih Seknun, M.Pd. / Abajaidun Mahulauw, M.Biotech
Uncontrolled Keywords: Model Student Facilitator and Explaining, Kingdom Plantae
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 05 Nov 2020 01:26
Last Modified: 05 Nov 2020 01:26
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/670

Actions (login required)

View Item View Item