Upaya Penyelasian Konflik Antara Soa Dengan Metode Bimbingan Konseling Keluarga Di Negeri Buano Utara Kecamatan Huamual Belakang Kabupaten Seram Bagian Barat.

Nurlete, Mukaram (2020) Upaya Penyelasian Konflik Antara Soa Dengan Metode Bimbingan Konseling Keluarga Di Negeri Buano Utara Kecamatan Huamual Belakang Kabupaten Seram Bagian Barat. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
bab 1,3,5.pdf

Download (3MB)
[img] Text
bab 1-5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penilitian ini berjudul “Upaya Penyelasian Konflik Antara Soa Dengan Metode Bimbingan Konseling Keluarga Di Negeri Buano Utara Kecamatan Huamual Belakang Kabupaten Seram Bagian Barat”. Konflik yang terjadi di sebabkan karena perebutan kekuasaan Raja, saling mengklaim tentang turunan sementara Jabatan Raja hanya di peroleh antara Dua Marga atauSoaYakni Nurlette dan Hitimala. Serta tidak ada keseimbangan struktur pemerintahan Negeri sehingga memicunya konflik social maka berdampak kepada relasi sosial masyarakat itu sendiri, sehingga menghasilkan suatu pola kehidupan yang tidak sesuai dengan fungsi dan peranan masyarakat di tengah-tengah kehidupan sosial Kemasyarakatan. Rumusan masalah adalah Bagaimana konflik soa (keluarga) terjadi di negeri buano utara. Adapun ruang lingkup penilitian ruang lingkup penilitian ini berkisar pada masalah Bagaimana Konflik Soa (Keluarga) dan metode bimbingan konseling keluarga (soa) dalam menyelesaikan konflik di Negeri Buano Utara? Tujuan penilitian ini adalah Untuk mengetahui terjadinya konflik soa (keluarga) di Negeri Buano Utara, Untuk mengetahui metode bimbingan konseling keluarga dalam menyelasaikan konflik Soa (keluarga)di Negeri Buano Utara. Manfaat penilitian ini dapat dijadikan sebagai imformasi serta solusi untuk menyelesaikan dampak dari konflik antara soa (keluarga) di Negeri Buano Utara. Konseling keluarga adalah usaha membantu individu anggota keluarga untuk mengaktualisasikan fotensinya atau mengantisipasi masalah yang di alami melalui sistem kehidupan keluarga, dan menggusahakan agar terjadi perubahan perilaku yang positif pada diri individu yang akan memberikan dampak positif pula terhadap anggota keluarga lainnya. Metode penilitian yang di pakai dalam judul skripsi ini yakni metode deskriptif kualitatif. penilitian ini berlangsung selama satu bulan, terhitung dari tanggal 17 Februari 2020 sampai pada tanggal 17 Maret 2020. lokasi penilitian dilaksanakan di Negeri Buano Utara Kecamatan Huamual Belakang Kabupaten Seram Bagian Barat. Subjek Penilitian ini adalah Tokoh Masyarakat 2 orang, tokoh adat 3 orang, Pemuda 1, Pemerintahan 3 orang. Dan instrumen yang dilakukan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: M. Arief Budiyanto, M.Fil.I / Hj. Ainun Diana Lating, M.Si
Uncontrolled Keywords: Penyelesaian konflik, soa
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
IAIN Ambon > Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Berdasarkan Subyek > Bimbingan dan Konseling Islam
Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 10 Nov 2020 05:23
Last Modified: 10 Nov 2020 05:23
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/673

Actions (login required)

View Item View Item