Analisis kemampuan kognitif siswa dalam menyelesaikan soal pada materi sistem pernapasan pada manusia kelas VIII SMP Negeri 6 Leihitu Satu Atap

La Ayuna, Liayana (2018) Analisis kemampuan kognitif siswa dalam menyelesaikan soal pada materi sistem pernapasan pada manusia kelas VIII SMP Negeri 6 Leihitu Satu Atap. Skripsi thesis, IAIN AMBON.

[img] Text
FULL SKRIPSI_68.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB I, III, V_68.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan kognitif adalah proses yang terjadi secara internal di dalam pusat susunan syaraf pada waktu manusia sedang berpikir. Menurut Abdurrahman kemampuan kognitif berkembang secara bertahap, sejalan dengan perkembangan fisik dan syaraf-syaraf yang berada di pusat susunan syaraf. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengatahui kemampuan kognitif siswa pada materi sistem pernapasan pada manusia kelas VIII SMP Negeri 6 Leihitu Satu Atap dan untuk mengatahui Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan kognitif tinggi, sedang dan rendah yaitu: terbagi menjadi dua faktor yaitu faktor eksternal dan faktor internal. Tipe penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, yang dilaksanakan pada tanggal 15 September 2018 sampai tanggal 16 Oktober 2018 di SMP Negeri 6 Leihitu Satu Atap, dengan subyek penelitian adalah 24 siswa dan sampelnya adalah 3 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dokumentasi dan wawancara, sedangkan teknik analisis data yaitu menggunakan analisis statistic deskriptif, yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kognitif siswa pada SMP Negeri 6 Leihitu Satu Atap pada materi sistem pernapasan pada manusia, yakni siswa yang kemampuan kognitif tinggi dengan inisial siswa SL dengan nilai 83, siswa yang kemampuan kognitif sedang dengan inisial siswa SW dengan nilai 50, dan siswa yang kemampuan kognitif rendah dengan inisial siswa NA dengan nilai 16. Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan kognitif siswa pada SMP Negeri 6 Leihitu Satu Atap pada materi sistem pernapasan pada manusia, adalah tingkat pemahaman konsep siswa, dan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I; Dr. Ismail DP, M. Pembimbing II, Abhajaidun Mahulauw, M. Biotech
Uncontrolled Keywords: Analisis Kemampuan Kognitif Pernapasan
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Abdullah Usemahu
Date Deposited: 11 Nov 2020 05:30
Last Modified: 11 Nov 2020 05:30
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/682

Actions (login required)

View Item View Item