Kompetensi Tokoh Agama Melalui Bimbingan Keagamaan Pada Mualaf di Desa Manggis Kecamatan Ukar Sengan Kabupaten Seram Bagian Timur

Waimalaka, Salwatia (2020) Kompetensi Tokoh Agama Melalui Bimbingan Keagamaan Pada Mualaf di Desa Manggis Kecamatan Ukar Sengan Kabupaten Seram Bagian Timur. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
bab 1,3,5.pdf

Download (3MB)
[img] Text
bab 1-5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Islam sangat memperhatikan kehidupan seorang individu dalam menjalankan kehidupannya, sebagaimana perhatian Islam terhadap kondisi para mualaf, mulai dari sebelum, ketika, dan setelah masuk Islam. Seorang tokoh agama dalam memberikan bimbingan kepada seorang mualaf harus memiliki kompetensi dalam ilmu agama agar seorang mualaf dapat dibimbing sesuai dengan tuntutan syariat Islam. Sehingga tujuan dalam penelitian ini yaitu: 1) mengetahui proses bimbingan agama yang dilakukan oleh tokoh agama di Desa Manggis, 2) mengetahui kompetensi tokoh agama dalam memberikan bimbingan agama di Desa Manggis, 3) mengetahui dampak bimbingan keagamaan yang dialami mualaf di Desa Manggis. Metodologi dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang dimana pengumpulan data dilakukan secara langsung menggunakan teknik observasi sebagai pengamatan awal, wawancara langsung dengan informan dan disertai dengan dokumentasi. Adapun jumlah informan dalam penelitian berjumlah 8 orang yang terdiri dari 5 orang tokoh agama dan 3 orang mualaf. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Proses bimbingan yang dilakukan oleh para tokoh agama di Desa Manggis kepada para mualaf telah sesuai dengan ajaran Islam. Dengan memberikan pemahaman tentang rukun iman (tauhid), rukun Islam (ilmu fiqih), dan ihsan. Sehingga para mualaf bisa memahami dan mendalami ajaran Islam sehingga dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, para tokoh agama di Desa Manggis dapat diakui sebagai seorang tokoh agama karena memilki kompetensi dalam ilmu agama maupun dalam berperilaku sehingga sangat disegani dan dipercayai oleh masyarakat. Selain itu para tokoh agama selalu memberikan solusi, pemahaman kepada masyarakat, menyelesaikan persoalan masyarakat dan selalu hadir dalam hajatan atau ritual keagamaan yang dilakukan oleh masyarakat. Adapun para mualaf di Desa Manggis sangat merasakan dampak yang positif dalam proses bimbingan yang dilakukan oleh para tokoh agama karena mereka dapat membaca Al-Qur’an dan menghafal ayat-ayat pendek dengan baik dan benar, selain itu dapat mengerjakan shalat lima waktu dan mampu mengamalkan puasa wajib maupun sunah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Ahmad Latukau, MA / Jumail, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Tokoh Agama, Mualaf
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
IAIN Ambon > Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Berdasarkan Subyek > Bimbingan dan Konseling Islam
Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 12 Nov 2020 01:37
Last Modified: 12 Nov 2020 01:37
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/684

Actions (login required)

View Item View Item