Penerapan metode pembelajaran Classroom discussion dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada konsep pencemaran lingkungan di kelas VII SMP Al-Wathan Ambon

Sasole, Mardiana (2016) Penerapan metode pembelajaran Classroom discussion dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada konsep pencemaran lingkungan di kelas VII SMP Al-Wathan Ambon. Skripsi thesis, IAIN AMBON.

[img] Text
FULL SKRIPSI_109.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB I, III, V_109.pdf

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan di SMP Al-Wathan Ambon permasalahan umum yang dihadapi peserta didik dalam pembelajaran adalah masih sulitnya dalam mengungkapkan pendapat saat pembelajaran. Penerapan metode pembelajaran classroom discussion diharapkan mampu meningkatkan aktivitas peserta didik dan kemampuan mengungkapkan pendapat serta memiliki strategi untuk menjawab soal sehingga proses pembelajaran berlangsung baik. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu apakah penerapan metode. Tujuan penelitiannya adalah untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran classroom discussion dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada konsep pencemaran lingkungan di kelas VII SMP Al-Wathan Ambon. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik analisis kualitatif deskriptif untuk menyusun hasil penelitian. Hasil analisis data dalam penelitian menunjukkan bahwa terdapat 19 peserta didik kelas VII SMP Al-Wathan Ambon yang tuntas dalam belajar, yakni nilai tesnya mencapai nilai KKM individual (≥70), sedangkan 6 peserta didik belum tuntas. Namun nilai KKM klasikal yang diperoleh peserta didik kelas VII SMP Al-Wathan Ambon adalah sebesar 76%, artinya pada siklus I peserta didik kelas VII SMP Al-Wathan Ambon telah mencapai nilai KKM klasikal yang ditetapkan oleh sekolah, yakni ≥75%. Nilai rata-rata kelas pada siklus I adalah sebesar 71,60. Nilai rata-rata kelas tersebut telah mencapai nilai KKM individual (≥70). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran classroom discussion dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Al-Wathan Ambon pada konsep pencemaran lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I; DR. Faqih Seknun, M.Pd. Pembimbing II; Wa Atima, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Penerapan Metode Pembelajaran Classroom discussion Meningkatkan Hasil belajar
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Usemahu Abdullah
Date Deposited: 12 Nov 2020 03:20
Last Modified: 12 Nov 2020 03:20
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/688

Actions (login required)

View Item View Item