Analisis kandungan angka lempeng total pada Nata de Pala berbahan dasar limbah buah Pala (Myristica fragrans Houtt)

Gurium, Ridwan (2018) Analisis kandungan angka lempeng total pada Nata de Pala berbahan dasar limbah buah Pala (Myristica fragrans Houtt). Skripsi thesis, IAIN AMBON.

[img] Text
FULL SKRIPSI_ 59.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB I, III, V_59.pdf

Download (3MB)

Abstract

Nata de pala adalah makanan dengan kandungan serat tinggi yang terbuat dari sari buah daging pala yang difermentasikan dengan menggunakann Acetobacter xylinum. Limbah buah pala limbah daging buah pala yang diperoleh dari para petani pala yang hanya memanfaatkan biji pala, sedangkan daging buah pala hanya dimanfaatkan dalam jumlah yang terbatas. Angka lempeng total adalah banyaknya koloni yang tumbuh pada media tumbuh mikroba yaitu Nutrient Agar dan Potato Dextrosa Agar dengan menggunakan metode sebar dan merujuk pada perhitungan standar plate count. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan eksperimen laboratorium (laboratory eksperiment) Lokasi penelitian ini adalah Laboratorium MIPA IAIN Ambon. Yang dilaksanakan selama kurang lebih 1 bulan mulai tanggal 06-21 September 2018. Objek penelitian ini adalah limbah buah pala sebagai bahan baku utama sebanyak yang diperlukan. Sampel daging buah pala yang diperoleh dari Pasar Mardika dengan teknik sampling.(Purposive sampling) yaitu sampel diambil sesuai dengan kebutuhan peneliti. Hasil penelitian kandungan angka lempeng total bakteri dan jamur dengan metode penyebaran adalah 0, ketebalan nata 1,45 cm, berat 2,09 gr, dan serat kasar 10,403%. masing-masing dilakukan dengan tiga kali pengulangan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I; Dr. Muhammad Rijal, M.Pd Pembimbing II; Surati, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Analisis Kandungan Angka Lempeng Total Nata De Pala Berbahan Dasar Limbah Buah Pala (Myristica fragrans Houtt)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Abdullah Usemahu
Date Deposited: 12 Nov 2020 03:20
Last Modified: 12 Nov 2020 03:20
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/694

Actions (login required)

View Item View Item