Penerapan pendekatan saintifik untuk meningkatkan hasil belajar pada materi saling ketergantungan kelas VII SMP Al-Wathan Ambon

Sapsuha, Hamira (2019) Penerapan pendekatan saintifik untuk meningkatkan hasil belajar pada materi saling ketergantungan kelas VII SMP Al-Wathan Ambon. Skripsi thesis, IAIN AMBON.

[img] Text
FULL SKRIPSI_113.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB I, III, V_113.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendekatan pembelajaran merupakan hal yang dianggap dapat membantu tercapainya tujuan belajar. Pendekatan saintifik adalah salah satu pendekatan dalam pembelajaran yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah penerapan pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran pada konsep saling ketergantungan siswa kelas VII SMP Al-wathan Ambon. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan penerapan pendekatan saintifik pada konsep saling ketergantungan siswa kelas VII SMP Al-wathan Ambon. Penelitian ini dilaksanakan selama 1 bulan yaitu sejak tanggal 29 April sampai dengan tanggal 29 Mei 2019. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai yang diperoleh peserta didik baik secara individual maupun klasikal dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Pada siklus I terdapat 8 peserta didik yang nilainya mencapai KKM individual (≥65) sedangkan 12 peserta didik lainnya memperoleh nilai dibawah KKM. Nilai rata-rata yang diperoleh pada siklus I adalah 62,50 dengan nilai ketuntasan klasikal sebesar 40% (KKM klasikal yang ditentukan oleh sekolah yaitu ≥75%). Selanjutnya pada siklus II hasil belajar yang diperoleh peserta didik mengalami peningkatan yaitu semua peserta didik memperoleh nilai tuntas atau memcapai KKM dengan nilai rata-rata 77,50 dengan presentasi ketuntasan klasikal sebesar 100%. Dengan demikian, penerapan pendekatan saintifik pada materi saling ketergantungan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Al-Wathan Ambon

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I; DR. M. Faqih Seknun, M. Pd Pembimbing II; Surati, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Penerapan Pendekatan saintifik Meningkatkan Hasil belajar Ketergantungan
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Usemahu Abdullah
Date Deposited: 18 Nov 2020 04:15
Last Modified: 18 Nov 2020 04:15
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/707

Actions (login required)

View Item View Item