Rumaf, Irayati (2019) Identifikasi kesulitan guru dalam pengembangan silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (Rpp) pada mata pelajaran IPA Biologi di SMP Al-Wathan Ambon. Skripsi thesis, IAIN AMBON.
Text
FULL SKRIPSI_65.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB I, III, V_65.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan-kesulitan serta faktor penyebabnya dalam melakukan pengembangan Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) oleh guru mata pelajaran IPA Biologi di SMP Al-Wathan Ambon. Tipe penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Tempat pelaksanaan penelitian adalah di SMP Al-Wathan Ambon, Jln. Al-Wathan – Gunung Malintang – Ambon. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari 2019. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data secara deskriptif kualitatif dengan mengacu pada model Milles dan Huberman meliputi : Reduksi Data (Data Reducation); Penyajian Data (Data Display) dan Penarikan Kesimpulan (Verification). Berdasarkan analisis hasil penelitian yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh guru dalam pengembangan Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada mata pelajaran IPA Biologi di SMP Al-Wathan Kota Ambon antara lain adalah: 1) Kurangnya pengetahuan dan pengalaman guru biologi dalam mengembangkan perangkat pembelajaran berupa silabus dan RPP; 2) Kebiasan guru biologi yang hanya mengcopy paste silabus dan RPP dari guru lain sehingga sulit mengembangkan silabus maupun RPP. Upaya yang dilakukan untuk menghilangkan kesulitan tersebut adalah dengan mengikuti kegiatan workshop atau sosialisasi dan pelatihan pengembangan perangkat pembelajaran, maupun kegiatan MGMP di sekolah. Faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan guru dalam pengembangan Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada Mata Pelajaran IPA Biologi di SMP Al-Wathan Kota Ambon antara lain adalah guru kurang mengikuti kegiatan sosialisasi dan pelatihan pengembangan silabus dan RPP, kemudian sikap guru yang kurang serius dalam upaya pengembangan silabus maupun RPP, serta kurangnya tekanan dari kepala sekolah maupun kaur kurikulum bagi para guru dalam upaya pengembangan silabus dan RPP.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Pembimbing I: Dr. M. Faqih Seknun, M.Pd.I Pembimbing II : Irvan Lasaiba, M.Biotech. |
Uncontrolled Keywords: | Identifikasi Kesulitan guru Pengembangan Silabus |
Subjects: | Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Usemahu Abdullah |
Date Deposited: | 18 Nov 2020 04:15 |
Last Modified: | 18 Nov 2020 04:15 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/708 |
Actions (login required)
View Item |