Talaohu, Nahra (2020) Analisis Soal Try Out Tahun Akademik 2018/2019 Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu di MTs Ory Kabupaten Maluku Tengah. Skripsi thesis, IAIN Ambon.
Text
BAB 1,3,5.pdf Download (3MB) |
|
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Pendidikan nasional harus selalu dibenahi dan dievaluasi terus menerus untuk mencapai tujuan suatu program pendidikan. Ujian Nasional merupakan bentuk evaluasi pendidikan yang hasilnya nanti akan digunakan sebagai syarat penerimaan ke jenjang berikutnya. Untuk mempersiapkan siswa dalam menghadapi pelaksanaan UN, maka siswa perlu dilatih dahulu. Try out diadakan untuk media latihan siswa sebelum menghadapi UN dan dijadikan sebagai alat ukur untuk mengetahui keberhasilan dari proses belajar. Soal try out dapat digunakan untuk mengukur kemampuan siswa dengan tepat apabila memiliki kualitas soal yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas soal try out mata pelajaran Ipa. Penelitian ini dilakukan di MTs Ory tahun pelajaran 2018/2019, dengan subyek siswa kelas IX terdiri dari 1 kelas yang berjumlah 25 peserta didik. Pendekatan yang dilakukan untuk menganalisis data adalah pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Pendekatan kualitatif digunakan untuk menganalisis validitas tes. Pendekatan kuantitatif digunakan untuk menganalisis reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Hasil yang diperoleh validitas suatu instrument tes dikatakan valid jika rhitung > rtabel. rtabel dalam penelitian ini adalah 0,3233 (N = 25 dengan taraf signifikan 5%). Dengan demikian butir soal nomor 1 adalah butir soal yang valid karena rhitung > rtabel (0,7616 > 0,3233). Berdasarkan hasil perhitungan bantuan program Microsoft excel dari analisis data validitas butir tes menunjukkan bahwa ada 14 butir soal yang valid dengan persentase 35% dan 26 butir soal yang tidak valid dengan persentase 65%. Hal ini menunjukkan bahwa validitas butir pada soal try out belum baik karena hanya 14 butir dengan persentase soal 35%, reliabilitas setelah dianalisis pada try out soal IPA mempunyai koefisien 0,75. Hal tersebut menunjukkan bahwa soal tersebut memiliki reliabilitas yang tinggi berdasarkan penilaian interpretasi terhadap angka korelasi koofisien, Daya beda pada soal try out terdapat soal berkategori sangat baik sebanyak 2 soal dengan persentase 5%, soal berkategori baik sebanyak 6 soal dengan persentase 15%, soal berkategori cukup sebanyak 18 soal dengan persentase 45%, soal berkategori jelek sebanyak 3 soal dengan persentase 7,5%, dan soal berkategori sangat jelek sebanyak 11 soal dengan persentase 27,5%. Daya beda pada soal try out sudah baik karena 65% soal sudah dengan kriteria sangat baik, baik, dan cukup dan tingkat kesukaran soal memiliki 0 butir soal berkriteria mudah dengan persentase 0%, 35 butir soal berkriteria sedang dengan persentase 87,5%, dan 5 butir soal berkriteria sukar dengan persentase 12,5%. Tingkat kesukaran soal try out belum baik karena belum mendekati proporsi seimbang yaitu 3:4:3.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Renngiwur, M.Pd / Nina Y. Mulyawati, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | try out |
Subjects: | Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | La Iba |
Date Deposited: | 19 Nov 2020 01:52 |
Last Modified: | 19 Nov 2020 01:52 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/730 |
Actions (login required)
View Item |