Peranan Guru Agama Islam Dalam Pembinaan Membaca al-Qur’an di SMP Negeri 3 Salahutu Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah

Umarella, Fatma (2020) Peranan Guru Agama Islam Dalam Pembinaan Membaca al-Qur’an di SMP Negeri 3 Salahutu Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB 1,3,5.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Guru pendidikan agama Islam mempunyai tanggung jawab yang besar dalam mendidik dan mengajar, khususnya pendidikan baca tulis al-Qur‟an agar peserta didik dapat membaca dan menulis al-Qur‟an dengan fasih dan benar. Guru pendidikan agama Islam harus berupaya untuk mendorong minat peserta didik dalam membaca al-Qur‟an. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana peranan guru PAI dalam mengatasi kesulitan belajar membaca al-Qur‟an pada peserta didik kelas VII di SMP Negeri 3 Salahutu Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah dan apa saja faktor pendukung dan penghambat upaya guru PAI dalam mengatasi kesulitan belajar membaca al-Qur‟an pada peserta didik kelas VII di SMP Negeri 3 Salahutu Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah. Tipe penelitian adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dari tanggal 10 Juli sampai dengan tanggal 12 Agustus 2019 di SMP Negeri 3 Salahutu. Subjek penelitian adalah 2 orang guru PAI dan 3 orang peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru agama Islam dalam pembinaan membaca al-Qur‟an di SMP Negeri 3 Salahutu Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah diantaranya: a. Pemahaman peserta didik SMP Negeri 3 Salahutu sudah berlangsung dengan baik dengan adanya adat pembiasaan tadarus sebelum berlangsungnya proses belajar mengajar. Pembiasaan ini akan melatih peserta didik untuk terampil membaca al-Qur‟an sesuai ilmu tajwid. b. Guru menggunakan metode ceramah, metode tanya jawab, metode demonstrasi, metode latihan dan metode diskusi. c. Guru adalah sumber belajar. Terdapat sumber belajar berupa buku yang diberikan sekolah kepada peserta didik dan guru, maupun buku-buku yang terdapat di perpustakaan sekolah yang dapat dipinjam demi pemahaman peserta didik. Faktor pendukung: 1) Motivasi belajar peserta didik, 2) Peran media pembelajaran dan 3) Perhatian orang tua. Faktor penghambat: 1) Kurangnya kedisiplinan belajar peserta didik, 2) Kurangnya alokasi waktu dan 3) Kurangnya perhatian orang tua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: La Rajab, MA / M. Nakip Pellu, MA
Uncontrolled Keywords: guru pai, al-Qur'an
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 20 Nov 2020 05:38
Last Modified: 20 Nov 2020 05:38
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/738

Actions (login required)

View Item View Item