Pola Komunikasi Ritual Tuk Kanau Pada Masyarakat Desa Lapang Kecematan Teor Kabupaten Seram Bagian Timura (Tinjauan Bimbingan Konseling)

Keliobas, Salma (2020) Pola Komunikasi Ritual Tuk Kanau Pada Masyarakat Desa Lapang Kecematan Teor Kabupaten Seram Bagian Timura (Tinjauan Bimbingan Konseling). Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB 1,3,5.pdf

Download (4MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Upacarara ritual Tuk-Kanau ini adalah untuk menghormati para leluhur mereka yang juga menjadi bahan ritual (sesajian). Masyarakat adat di sini masih tetap melestarikan ritual-ritual adat sebagai bagian dari kehidupan mereka sehari-hari. Ritual yang dilakukan masyarakat Desa Lapang adalah Tuk-Kanau. Ritual Tuk-Kanau dilakukan pada saat terjadi suatu musibah, seperti kehilangan barang atau manusia, bencana alam, terdapat penyakit yang dianggap tidak wajar dan sebagainya. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif pada penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data penulis lakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data terdiri dari: tokoh adat, tokoh agama, dan tokoh masyarakat yang dijadikan informan penelitian. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif, merujuk pada data hasil penelitian dilapangan, dengan memberikan uraian dan analisis dalam bentuk kata-kata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pola Komunikasi Ritual Tuk-Kanau Pada Masyarakat Desa Lapang Kecamatan Teor Kabupaten Seram Bagian Timur yang merupakan wujud aktualisasi terhadap warisan kebiasaan leluhur Berbicara mengenai temuan penelitian merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah penelitian. Dengan temuan penelitian inilah peneliti dapat menunjukkan hasil dari penelitian yang telah dilakukan. Penelitian yang telah dilakukan oleh penulis di Desa Lapang yang berjudul “Pola Komunikasi dalam ritual Tuk-Kanau. Dari bahasa menjelaskan bahwa Tuk kanau adalah salah satu tradisi masyarakat desa lapang, Tuk kanau sendiri berasal dari bahasa Teor yang artinya siri pinang. Jadi maksudnya adalah dalam melakukan ritual tuk kanau, dan pengertian dari Deviasi atau perilaku menyimpang adalah perilaku yang dilakukan individu yang bertentangan/menyimpang dari ciri karakteristik masyarakat kebanyakan dan norma/nilai yang berkembang dalam masyarakat tersebut.dari hasil penyajian data yang telah disajikan sebelumnya, dapat diperoleh temuan-temuan yang akan diuraikan sesuai hasil sumber peneliti dan pengamatan yang dilakukan oleh peneliti. Analisis data dilakukan setelah penyajian data telah diperoleh dari uraian tersebut, peneliti melakukan penelitian yang disertai observasi lapangan di Desa Lapang Kecamatan Teor

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: M. Taib Kelian, M.Fil.I / Syawal Mahaly, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Komunikasi, Ritual Tuk-Kanau
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
IAIN Ambon > Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam

Masyarakat Islam
Divisions: Berdasarkan Subyek > Bimbingan dan Konseling Islam
Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 23 Nov 2020 05:13
Last Modified: 23 Nov 2020 05:15
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/752

Actions (login required)

View Item View Item