Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran IPA Berbasis Kurikulum 2013 Kelas VIII di SMP Al Wathan Ambon

Losen, Nurhaida (2020) Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran IPA Berbasis Kurikulum 2013 Kelas VIII di SMP Al Wathan Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB 1,3,5.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran berbasis kurikulum 2013 menggunakan pendekatan saintifik guru wajib merancang dan mengelola proses belajar aktif dan menyenangkan. Peserta didik difasilitasi untuk mengamati, menanya, mengolah, menyajikan, dan mengkomunikasikan. Kegiatan penilaian menggunakan penilaian otentik menyentuh tiga ranah, yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran kelas VIII-1 di SMP Al Wathan Ambon Semester Genap Tahun Ajaran 2019-2020. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Dengan menggunakan model evaluasi formatif Skriven yang meliputi (Input, Process, dan ouput). Teknik pengumpulan data yang dipakai pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi serta menggunakan analisis data yaitu pengumpulan data, pengecekan, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Evaluasi masukan (input) yang terdiri dari aspek pelatihan kurikulum 2013 oleh guru sudah terlaksana, aspek buku pegangan guru, dan aspek buku pelajaran siswa, sudah diperoleh. (2) Evaluasi proses (process) terdiri dari 3 kegiatan utama yaitu kegiatan pendahuluan memperoleh skor 85, kegiatan inti memperoleh skor 100 dan kegiatan penutup dengan skor 80, yang berarti keterlaksanaan proses pembelajaran terlaksana dengan predikat baik. (3) Evaluasi pengeluaran (ouput) yang terdiri atas Aspek keterlaksanaan proses penilaian, guru telah memahami dan melaksanankan penilaian berbasis kurikulum 2013 akan tetapi guru tidak melakukan penilaian sikap, guru hanya memfasilitasi saja, sehingga memperoleh skor 66 yang berarti terlaksana dengan predikat kurang baik. Seluruh siswa telah mencapai Krateria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan oleh sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. M. Faqih Seknun., M.Pd / Corneli Parry, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kurikulum 2013
Subjects: Pendidikan Biologi
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 27 Nov 2020 01:18
Last Modified: 27 Nov 2020 01:18
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/770

Actions (login required)

View Item View Item