Pembauatan Herbarium Sebagai Media Pembelajaran IPA - Biologi Untuk Mengembangkan Soft Skills Siswa Kelas VII di SMP Negeri 41 Buru Kecamatan Air Buaya Kabupaten Buru

Tomia, Wa Lisma (2020) Pembauatan Herbarium Sebagai Media Pembelajaran IPA - Biologi Untuk Mengembangkan Soft Skills Siswa Kelas VII di SMP Negeri 41 Buru Kecamatan Air Buaya Kabupaten Buru. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB 1,3,5.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Media pembelajaran IPA - Biologi merupakan media pembelajaran yang dapat memacu emosi, memperlancar tujuan untuk memahami dan mengingat informasi yang terkandung dalam gambar, dan mengakomodasi pembelajar secara maksimal dalam menerima dan memahami materi yang disampaikan secara verbal. Salah satu media pembelaran IPA – Biologi adalah herbarium, yang digunakan sebagai media pembelajaran yang dapat menggantikan keberadaan benda asli yang dijelaskan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembuatan herbarium sebagai media pembelajaran IPA - Biologi untuk mengembangkan soft skills siswa kelas VII di SMP Negeri 41 Buru Kecamatan Air Buaya Kabupaten Buru Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 41 Buru yang berjumlah 21 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembuatan herbarium sebagai media pembelajaran IPA - Biologi untuk mengembangkan soft skills dikatakan sangat baik atau berhasil, dapat dilihat dari aspek yang dinilai yaiu : Menjelaskan 4 indikator yang dinilai yaitu; kerja sama tim sebanyak 5 siswa dengan persentase nilai 23,81 % dan 16 siswa dengan persentase nilai 76,19 %, kekompakan dengan persentase yang diperoleh yaitu 21 orang siswa dengan nilai 100 %, keterampilan dengan persentase yaitu 21 orang siswa dengan nilai 100 % dan pemahaman dengan persentase yaitu 21 orang siswa dengan nilai 100 %. Berdasarkan nilai persentase pada 4 indikator yang dinilai dan hasil wawancara disimpulkan bahwa pembuatan herbarium sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan Soft Skills siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Muhammad Rijal, M.Pd. / Laila Sahubauwa, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Herbarium, Soft Skills
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 27 Nov 2020 01:30
Last Modified: 27 Nov 2020 01:30
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/771

Actions (login required)

View Item View Item