Pengaruh Kompetensi Profesional Guru terhadap Hasil Belajar Kognitif Biologi Peserta Didik Kelas X SMA Persiapan Lalan Matlean Kecamatan Pulau Gorom Kabupaten Seram Bagian Timur

Rumodar, Irma (2020) Pengaruh Kompetensi Profesional Guru terhadap Hasil Belajar Kognitif Biologi Peserta Didik Kelas X SMA Persiapan Lalan Matlean Kecamatan Pulau Gorom Kabupaten Seram Bagian Timur. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB 1,3,5.pdf

Download (5MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Hasil observasi awal yang dilakukan oleh penulis di SMA Persiapan Lalan Matlean Kecamatan Pulau Gorom Kabupaten Seram Bagian Timur, diketahui bahwa guru-guru pada sekolah tersebut belum memiliki tiga kompetensi secara baik, yakni kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional. Akibatnya bahwa hasil belajar yang diperoleh peserta didik juga tidak maksimal atau masih rendah. Guru pendidikan biologi di sekolah tersebut harus memiliki kompetensi profesional dalam memperbaiki hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar kognitif biologi peserta didik Kelas X SMA Persiapan Lalan Matlean Kecamatan Pulau Gorom Kabupaten Seram Bagian Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Analisis data menggunakan dua jenis statistik, yaitu statistik deskriptif menggunakan distribusi frekuensi dan analisis statistik inferensial menggunakan analisis Korelasi Pearson Product Moment. Penelitian ini dilaksanakan selama 1 bulan, yakni dimulai dari tanggal 22 Oktober 2018 sampai dengan 22 November 2018, bertempat di SMA Persiapan Lalan Matlean Kecamatan Pulau Gorom Kabupaten Seram Bagian Timur. Berdasarkan analisis hasil penelitian yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa tidak terdapat pengaruh kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar kognitif biologi peserta didik kelas X SMA Persiapan Lalan Matlean, karena nilai rhitung 0,237 < nilai rtabel 0,413 pada taraf 5% dan nilai rhitung 0,237 < nilai rtabel 0,526 pada taraf 1%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Surati, M.Pd / Wa Atima, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Profesional Guru, Hasil Belajar, Kognitif
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 01 Dec 2020 05:27
Last Modified: 01 Dec 2020 05:27
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/781

Actions (login required)

View Item View Item