Analisis kandungan bakteri Vibrio spp pada ikan asap yang dijajankan di pasar Mardika Ambon sebagai modul praktikum mikrobiologi lanjut.

Luturlen, Mirna (2018) Analisis kandungan bakteri Vibrio spp pada ikan asap yang dijajankan di pasar Mardika Ambon sebagai modul praktikum mikrobiologi lanjut. Skripsi thesis, IAIN AMBON.

[img] Text
FULL SKRIPSI_56.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB I, III, V_56.pdf

Download (2MB)

Abstract

Bakteri Vibrio spp adalah jenis bakteri yang dapat hidup pada salinitas yang relatif tinggi. Bakteri Vibrio berpendar termasuk bakteri anaerobik fakultatif, yaitu dapat hidup baik dengan atau tanpa oksigen. Ikan asap merupakan cara pengawetan ikan yang menggunakan asap yang berasal dari pembakaran kayu atau bahan organik lainnya. Kemampuannya untuk berkolonisasi pada lingkungan yang bervariasi tergantung pada ketersediaan makanannya, dalam hal ini Pasar Mardika Ambon berperan sebagai tempat jual beli hasil perikanan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kandungan bakteri Vibrio spp pada ikan asap yang dijajankan di pasar Mardika Ambon. Tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode analisis SPC (standard plate count) yaitu dengan mengencerkan 1 gr sampel ikan asap suspensi daging ikan asap ke dalam larutan NaCl selanjutnya dipindahkan ke dalam cawan petri yang berisi media TCBSA dan diinkubasi selama 24 jam kemudian dihitung jumlah koloni yang tumbuh. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium MIPA Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Ambon pada tanggal 13 Desember sampai tanggal 18 Desember 2017. Hasil pengamatan menunjukan bahwa total jumlah koloni bakteri Vibrio pada sampel daging ikan asap adalah 1,7 X 102 koloni/gr.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I; Dr. Muhammad Rijal, M. Pd Pembimbing II; Asyik Nur Allifah AF, M. Si.
Uncontrolled Keywords: Analisis Kandungan Bakteri Vibrio spp Ikan asap Modul praktikum mikrobiologi lanjut.
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Abdullah Usemahu
Date Deposited: 14 Dec 2020 05:02
Last Modified: 14 Dec 2020 05:02
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/798

Actions (login required)

View Item View Item