Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing Pada Materi Sistem Hormon Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Leihitu Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah

Laitupa, Suyatman S. (2019) Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing Pada Materi Sistem Hormon Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Leihitu Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Posing terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif siswa kelas XI SMA Negeri 5 Leihitu. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 14 November 2017 sampai 14 Desember 2017 di SMA Negeri 5 Leihitu. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPA yang berjumlah 28 siswa yang terdiri dari 10 anak laki-laki dan 18 orang anak perempuan. Data penelitian ini berupa motivasi dan hasil belajar siswa. Motivasi belajar siswa diketahui dari hasil angket dan lembar observasi, sedangkan hasil belajar siswa diketahui dari hasil evaluasi yang dilaksanakan setiap akhir siklus. Ketuntasan belajar dianalisis dengan menggunakan hasil skor evaluasi yang dilaksanakan di setiap siklus menggunakan kriteria ketuntasan belajar. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dianalisis, dengan model pembelajaran Problem Posing berhasil meningkatkan motivasi belajar dimana motivasi pada siklus II menunjukkan peningkatan, dengan nilai rata-rata 66.00, dan nilai presentase 89.28%. Jika di bandingkan siklus I dengan nilai rata-rata 60.57, dan nilai presentase 46.42%. Dari hasil evaluasi di setiap siklus juga mengalami peningkatan, pada siklus I sebesar 61.25 dan hasil belajar pada siklus II sebesar 75.71 dengan peningkatan sebesar 14.46. Ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 75.00% dan pada siklus II meningkat menjadi 92.85% Jadi, ketuntasan belajar mengalami peningkatan sebesar 17.85%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Janaba Renngiwur, M. Pd / Pembimbing II : Zamrin Jamdin, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Sistem Hormon
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 23 Dec 2020 02:17
Last Modified: 23 Dec 2020 02:17
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/842

Actions (login required)

View Item View Item