Kemampuan Guru Mata Pelajaran Biologi Dalam Pembuatan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skill) Di Kelas XI SMA Negeri 14 Buru Selatan Desa Wali Kecamatan Namrole Kabupaten Buru Selatan

Seknun, Amina (2020) Kemampuan Guru Mata Pelajaran Biologi Dalam Pembuatan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skill) Di Kelas XI SMA Negeri 14 Buru Selatan Desa Wali Kecamatan Namrole Kabupaten Buru Selatan. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB 1,3,5.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Higher Order Thinking Skill (HOTS) merupakan salah satu tuntutan keterampilan dalam pembelajaran abad 21, yaitu berpikir kritis, kreatif, kolaboratif, dan komunikatif. Soal-soal model HOTS mendorong siswa untuk melakukan penalaran tingkat tinggi sehingga tidak terpaku hanya pada satu pola jawaban yang dihasilkan dari proses menghafal, tanpa mengetahui konsep ilmunya. Dengan demikian, guru sebagai pendidik harus mampu menyusun atau membuat soal-soal model HOTS sehingga para siswa semakin terbiasa dalam mengerjakan soal tersebut dan akan meningkatkan kemampuan nalar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru mata pelajaran biologi dalam pembuatan soal HOTS (Higher Order Thinking Skill) di Kelas XI SMA Negeri 14 Buru Selatan dan untuk mengetahui kesulitan-kesulitan serta faktor penyebabnya. Tipe penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Tempat pelaksanaan penelitian adalah di SMA Negeri 14 Buru Selatan, Jln. Trans Namrole Desa Wali Kecamatan Namrole Kabupaten Buru Selatan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari sampai Februari 2020. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data secara deskriptif kualitatif dengan mengacu pada model Milles dan Huberman meliputi : Reduksi Data (Data Reducation); Penyajian Data (Data Display) dan Penarikan Kesimpulan (Verification). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru mata pelajaran biologi dalam pembuatan soal-soal HOTS (Higher Order Thinking Skill) di Kelas XI SMA Negeri 14 Buru Selatan masih rendah. Kendala yang dihadapi antara lain adalah: 1) Kurangnya pengetahuan dan pengalaman guru biologi dalam pembuatan soal-soal HOTS; 2) Kebiasaan guru biologi yang hanya mengcopy paste soal dan jawaban sehingga sulit mengembangkan soal-soal HOTS. Faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya kemampuan guru dalam pembuatan soal-soal HOTS pada mata pelajaran biologi di SMA Negeri 14 Buru Selatan antara lain adalah guru kurang mengikuti kegiatan sosialisasi dan pelatihan pembuatan soal-soal HOTS, kemudian sikap guru yang kurang serius dalam upaya pembuatan soal-soal HOTS, serta kurangnya tekanan dari kepala sekolah maupun kaur kurikulum bagi para guru dalam upaya pembuatan soal-soal HOTS.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. M. Faqih Seknun, M.Pd.I / Dr. Muhammad Rijal, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Guru
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 28 Dec 2020 02:43
Last Modified: 28 Dec 2020 02:43
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/897

Actions (login required)

View Item View Item