Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Strategi Berbasis Lingkungan dan Strategi Picture And Non Picture Pada Materi Pencemaran Lingkungan pada kelas VII di SMP Negeri 23 Ambon

Rumain, Samira (2020) Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Strategi Berbasis Lingkungan dan Strategi Picture And Non Picture Pada Materi Pencemaran Lingkungan pada kelas VII di SMP Negeri 23 Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB 1,3,5.pdf

Download (4MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan adalah suatu proses dalam rangka mempengaruhi siswa agar dapat menyesuaikan diri sebaik mungkin terhadap lingkungannya dengan demikian akan menimbulkan perubahan dalam dirinya yang memungkinkan untuk berfungsi secara adekuat dalam kehidupan masyarakat. Pendidikan juga diartikan sebagai upaya manusia secara historis turun-temurun, yang merasa dirinya terpanggil untuk mencari kebenaran atau kesempurnaan hidup. Peningkatan kualitas pendidikan merupakan faktor utama yang menentukan keberhasilan pembangunan bangsa. Kualitas pendidikan memiliki arti bahwa lulusan pendidikan memiliki kemampuan yang sesuai, sehingga dapat memberikan kontribusi yang tinggi bagi pembangunan. Kualitas pendidikan, terutama ditentukan oleh proses belajar mengajar tersebut, guru memegang peran yang penting . Tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian Deskriptif Kuantitatif dengan menggunakan strategi berbasis lingkungan dan strategi Picture And Non Picture. Waktu penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 17 Januari sampai dengan 24 Januari 2020 yang dilaksanakan di SMP Negeri 23 Ambon. Objek penelitian adalah siswa kelas VII/A dan VII B yang berjumlah 12 orang pada masing-masing kelas. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa : Perbandingan selisih nilai rata-rata post-test dan pre-test kelas kontrol lebih tinggi dari kelas eksperimen. Kelas kontrol memiliki selisih rata-rata yaitu sebesar 27,09 dan kelas eksperimen yaitu sebesar 14,17 artinya ada perbedaan yang signifikan antara kela seksperimen dan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Ismail, M.Pd / Surati, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Strategi Picture and Non Picture
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 30 Dec 2020 02:06
Last Modified: 30 Dec 2020 02:06
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/914

Actions (login required)

View Item View Item