Penerapan Metode Pemulihan Trauma ( Trauma Healing ) Terhadap Anak-anak Usia 6-12 Tahun ( Peserta Didik Sekolah Dasar ) Korban Gempa Bumi Desa Liang Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah

Latif, Karmila (2020) Penerapan Metode Pemulihan Trauma ( Trauma Healing ) Terhadap Anak-anak Usia 6-12 Tahun ( Peserta Didik Sekolah Dasar ) Korban Gempa Bumi Desa Liang Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Liang merupakan Negeri pesisir dengan hamparan tanah datar dan ketengian wilayah pemukiman rata-rata mencapai 8 M.dpl. negeri ini merupakan negeri yang memiliki ketingihan paling rendah di Kecamatan Salahutu. Di tahun 2019 tepatnya 26 September tahun 2019 lalu liang merupakan Negeri yang paling parah terkena dampak gempa bumi. Gemba bumi berkekuatan 6,8 skala liter itu bukan hanya memakan korban jiwa namun juga berdampak buruk bagi psikologi seseorang terkhususnya anak-anak 6-12 tahun yang mengalami ganguan trauma. Metodologi dalam penelitian ini merupakan pendekatan kuantitaf dengan pengumpulan data mengunakan observasi sebagai pegamatan awal. Wawancara dan dokumentasi setelah itu data yang didaptkan atau yang dikumpulkan akan dianalisis secara reduksi akan ditampilkan dalam bentuk sajian data dan ditarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: peberapan metode trauma healing dengan mengunakan play terafi jelas membuat perubahan yang baik dalam perkembangan di Negeri Liang. Hal tersebut ditandai dengan hilangnya sedikit ketakutan yang awalnya enggan ke sekolah dan sekarang mereka tidak takut lagi ke sekolah. Dalam pemaparan data wawancara dari beberapa informan yang beberapa orang tua murid dan guru terkait dengan keefektifan dalam menjalankan metode trauma healing dengan play terafi, dapat diketahui bahwa rata-rata anak sekolah dasar usia 6-12 tahun, kecendurangan akan trauma berlahan-lahan mulai menhilang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : M. Taib Kelian, M. Fil.I / Pembimbing II : Jumail, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Trauma Healing
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
IAIN Ambon > Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam

Psikologi
Divisions: Berdasarkan Subyek > Bimbingan dan Konseling Islam
Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 05 Jan 2021 02:54
Last Modified: 05 Jan 2021 02:54
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/972

Actions (login required)

View Item View Item