Profesionalisme Guru Dalam Memilih Strategi Pembelajaran Guna Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Fiqih di Sekolah MTsT Al-Anshor Ambon

Yusuf, Nilam (2020) Profesionalisme Guru Dalam Memilih Strategi Pembelajaran Guna Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Fiqih di Sekolah MTsT Al-Anshor Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I,III,V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan (1) Bagaimana Profesionalisme Guru Dalam Memilih Strategi Pembelajaran Guna Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Di Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Sekolah MTs.T.Al-Ansor Ambon?(2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat Profesionalisme Guru Dalam Memilih Strategi Pembelajaran Guna Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Di Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Sekolah MTs.T.Al-Ansor Ambon? (3) Apa saja solusi dari faktor penghambat dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MTs.T. Al-Anshor Ambon?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Prosedur pengumpulan data menggunakan tekhnik tekhnik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menujukan bahwa, (1) Profesionalisme dari seorang Guru dalam memilih strategi pembelajaran guna meningkatkan motivasi belajar peserta didik adalah dengan cara menggunakan strategi dan metode dalam proses belajar mengajar, metode tersebut antara lain, strategi pembelajaran langsung yang biasa dikenal dengan strategi ekspositori, strategi tidak langsung, strategi pembelajaran interaktif, strategi pembealajaran melalui pengalaman, strategi pembelajaran mandiri, strategi Pembelajaran inkuiri (SPI), strategi pembelajaran berbasis masalah (SPBM), strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir (SPPKB), strategi pembelajaran kooperatif (SPK), strategi pembelajaran kontekstual (CTL), dan strategi pembelajaran efektif. (2) Faktor pendukung dan penghambat profesionalisme guru dalam memilih strategi pembelajaran guna meningkatkan motivasi belajar peserta didik yaitu faktor murid atau anak itu sendiri dalam arti dimana tiap anak memiliki kondisi yang berbeda-dalam kondisi fisiologis dan kondisi psikologis, faktor lingkungan dan faktor instrument alat pembelajaran yang terdiri dari kurikulum, program/bahan, sarana dan fasilitas.(3) Solusi dari faktor penghambat dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik adalah guru harus memberikan motivasi sebelum memulai pembelajaran, memberikan nilai, dan selalu memberikan hadiah kepada peserta didik dari hasil permasalahan jawaban yang hendak dicapai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Djamila Lasaiba,MA. / Mukhlisin, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Profesionalisme Guru, Strategi Pembelajaran, Motivasi Belajar Peserta Didik
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 05 Jan 2021 02:56
Last Modified: 05 Jan 2021 02:56
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/973

Actions (login required)

View Item View Item