Perbedaan Pembelajaran Menggunakan Pendekatan Resource Based Learning dan Pembelajaran Tanpa Menggunakan Pendekatan Resource Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika

Latuconsian, Tara Maya (2020) Perbedaan Pembelajaran Menggunakan Pendekatan Resource Based Learning dan Pembelajaran Tanpa Menggunakan Pendekatan Resource Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I,III,V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Salah satu masalah yang dihadapi dunia pendidikan kita ada masalah rendahnya proses pembelajaran. Berhasil tidaknya suatu pembelajaran salah satunya tergantung pada pendekatan pengajaran yang dilakukan guru. Kenyataan dilapangan khususnya dalam mata pelajaran matematika kegiatan pembelajaran masih dilakukan secara klasikal hal ini menyebabkan peranan guru bukanlah ditiadakan, bukan berarti guru dapat bermalas-malasan dan membiarkan murid belajar sendiri. Tetapi dengan pendekatan Resource Based Learning (RBL) ini, maka sebenarnya guru harus terlibat dalam setiap langkah proses belajar, perencanaan, penentuan dan mengumpulkan sumber-sumber iniformasi, serta memberi motifasi, dari uraian tersebut di atas maka permasalahannya adalah apakah ada perbedaan pembelajaran menggunakan pendekatan Resource Based Learning dan pembelajaran tanpa menggunakan pendekatan Resource Based Learning terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini merupakan tipe eksperimen, dengan jenis data kuantitatif, untuk mengetahui perbedaan menggunakan pendekatan Resource Based Learning (RBL) perlakuan terhadap dua kelas yaitu, kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen adalah kelas yang diberikan perlakuan penerapan pendekatan Resource Based Learning (RBL) sedangkan kelas kontrol adalah kelas pengendali yaitu kelas tidak dapat perlakuan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dibahas dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas X4 SMA Negeri 1 Pulau Haruku dengan mengunakan pendekatan Resource Based Learning lebih baik dari pada hasil belajar siswa kelas X3 yang tidak menggunakan pendekatan Resource Based Learning. Hal ini dapat dibuktikan pada perolehan hasil uji-t dimana thitung = 2,053 lebih besar dari ttabel = 2,000

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Ajeng Gelora Mastuti, M.Pd / Gamar Assagaf, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: pendekatan resource based learning, hasil belajar
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 12 Jan 2021 05:05
Last Modified: 12 Jan 2021 05:05
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1003

Actions (login required)

View Item View Item