Efektivitas Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Materi Himpunan dengan Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending ( CORE) Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Leihitu

Mochtar, Seniwati (2020) Efektivitas Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Materi Himpunan dengan Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending ( CORE) Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Leihitu. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I,III,V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas kemampuan pemecahan masalah matematika materi himpunan dengan model pembelajaran connecting, organizing, reflecting, extending (core) siswa kelas VII SMP Negeri 5 Leihitu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 5 Leihitu tahun pelajaran 2020/2021 sebanyak 38 siswa yang terdistribusi dalam dua kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII 1 dan VII 2 yang dipilih dengan teknik purposive random sampling. Penelitian ini menggunakan desain pretest-posttest control group design. Instrumen penelitian ini berupa tes kemampuan pemecahan masalah yang berbentuk soal tes. kesimpulan bahwa model pembelajaran connecting, organizing, reflecting, extending (core) efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa materi himpunan paada kelas VII SMP Negeri 5 Leihitu Kabupaten maluku tengah tahun ajaran 2020/2021. Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t, diperoleh nilai Signifikan (2-tailed) sebesar 0,000 dengan nilai signifikansi yang digunakan 0,05. Karena Sig. < α yaitu 0,000 < 0,05 dengan demikian Ho ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaaan rata-rata hasil kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran core (connecting, organizing, reflecting, extending) dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung dan juga dilihat dari rata- rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran connecting, organizing, reflecting, extending (core) lebih baik dari pada kemampuan pemecahan masalah maatematika siswa menggunakan model pembelajaran langsung. yaitu 76,02 > 61,40.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Nur Afriani Nukuhaly, M.Pd / Dinar Riaddin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Core (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending), Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa.
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 13 Jan 2021 02:33
Last Modified: 13 Jan 2021 02:33
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1009

Actions (login required)

View Item View Item