Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Dengan Model Discovery Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Pola Bilangan

Salamun, Fatiyah (2020) Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Dengan Model Discovery Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Pola Bilangan. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I,III,V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pengaruh pendekatan matematika realistik dengan model discovery learning terhadap motivasi belajar siswa pada materi barisan dan deret aritmatika kelas VIII SMP AL-Hilaal Banda Ely. 2) Besar pengaruh model discovery learning terhadap motivasi belajar siswa pada materi barisan dan deret aritmatika kelas VIII SMP AL-Hilaal Banda Ely. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP AL-Hilaal Banda Ely sejumlah 30 siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti membagikan soal tes dan angket untuk dikerjakan oleh siswa. Hasil tes dan angket yang telah diisi oleh siswa dan diolah peneliti untuk mencari hasil uji t dan diketahui nilai t_(hitung )= 2,656 dikonsultasikan pada t_(tabel )dengan n = 28 dengan taraf signifikansi 5% harga t_(tabel )= 1,701. Hal ini menunjukan bahwa harga t_(hitung )lebih besar dari t_(tabel )(2,656 > 1,701) sehingga hipotesis diterima. Ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajran discovery learning terhadap motovasi belajar siswa. Nilai koefisien korelasi (R) adalah 0,123 dan nilai R square 0,400. Nilai R square sebesar 0,400, atau 40%. Ini menunjukan besar pengaruh model pembelajran discovery learning terhadap motovasi belajar siswa sebesar 40% sedangkan sisanya 60% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Patma Sopamena, M.Pd.I., M.Pd / Fahruh Juhaevah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Matematika Realistik, Model Discovery Learning, Motivasi Belajar
Subjects: IAIN Ambon > Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 15 Jan 2021 01:41
Last Modified: 15 Jan 2021 01:41
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1026

Actions (login required)

View Item View Item