Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Statistik Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Kecamatan Seram Utara Kabupaten Maluku Tengah

Salatin, Heni (2020) Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Statistik Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Kecamatan Seram Utara Kabupaten Maluku Tengah. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kamampuan berpikir kritis siswa kelas IX1 SMP Negeri 2 Seram Utara Kabupaten Maluku Tengah dalam menyelesaikan masalah soal statistik. Tipe penelitian Deskriptif Kualitatif. Penelitian berlangsung mulai dari tanggal 19 Oktober 2018 sampai dengan 19 November 2018. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 5 orang yang terdiri dari 3 subjek yang menjawab benar. Sedangkan subjek yang menjawab salah terdiri dari 2 orang subjek dan diwakili dengan subjek S2. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu peneliti, soal tes, dan wawancara. Dengan teknik pengumpulan data yaitu pelaksanaan tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada teknik analisis data kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini dan pembahasan. subjek S1 dalam proses penyelesaian soal tes telah memenuhi ke 4 indikator berpikir krtis (Clarificatian, Assesment, Strategies, Inference). Hal ini dibuktikan dengan hasil tes dan wawancara. Subjek S1 dapat: (1) menentukan yang diketahui dan di tanyakan dari soal. (2) mampu memperoleh informasi lain untuk menyelesaikan masalah (menggunakan rumus mean umtuk menyelesaikan masalah); (3) mampu menyelesaikan masalah secara terinci dan strategis, serta (4) mampu menarik kesimpulan dengan benar. Dan pada subjek S2 juga memenuhi karakteristik kemampuan berpikir kritis. Hal ini terlihat ketika subjek S2 mampu: (1) menentukan yang diketahui dan ditanyakan dari soal yang diberikan peneliti. (2) mampu memperoleh informasi lain untuk menyelesaiakn masalah (menggunakan rumus mean untuk menyelesaikan masalah). (3) mampu menguraikan masalah. Hanya saja pada proses pengoperasian, subjek S2 melakukan kesalahan sehingga hal tersebut berpengaruh pada proses penarikan kesimpulan. Namun, setelah direfleksi, subjek S2 mampu memperbaiki kesalahannya sehingga jawabannya menjadi benar. Dan subjek S2 telah memenuhi ke empat indikator berpikir kritis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Patma Sopamena, M. Pd. I., M. Pd / Pembimbing II : Nurlaila Wattiheluw, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Statistik
Subjects: IAIN Ambon > Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 19 Jan 2021 02:12
Last Modified: 19 Jan 2021 02:12
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1034

Actions (login required)

View Item View Item