Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Lingkaran Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah Ambon

Sanaky, Hawa (2020) Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Lingkaran Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Kesalahan adalah suatu gejala yang nampak pada siswa yang ditandai adanya hasil belajar rendah disbanding dengan hasil belajar yang dicapai sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana karakteristik kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah lingkaran pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Ambon. Instrument yang digunakan adalah soal tes dan pedoman wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang diperoleh dapat diambil kesimpulan bahwa siswa yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal pada materi lingkaran kelas VIII SMP Muhammadiyah Ambon mengalami kesalahan pada saat menyelesaikan masalah lingkaran sesuai indikator kesalahan, yaitu: 1) menyelesaikan soal dengan kesalahan fakta, 2) menyelesaikan soal dengan kesalahan konsep, 3) dan menyelesaikan soal dengan kesalahan prinsip. Karakteristik dari masing-masing indikator tersebut antara lain: a) Kesalahan fakta karena salah dalam menuliskan simbol-simbol matematika yang terkandung dalam soal. b) Kesalahan konsep karena salah dalam menggunakan konsep persegi dan persegi panjang atau tidak mengetahui maksud dari pertanyaan. c) Kesalahan prinsip karena salah dalam menuliskan rumus luas lingkaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Nur Afriani Nukuhaly, M. Pd. / Pembimbing II : Fahruh Juhaevah, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Lingkaran, Matematika
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 24 Feb 2021 02:35
Last Modified: 24 Feb 2021 02:35
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1101

Actions (login required)

View Item View Item