Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Materi Aritmatika Sosial Siswa Kelas VII di SMP Negeri 11 Huamual

Kaliky, Yusup (2020) Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Materi Aritmatika Sosial Siswa Kelas VII di SMP Negeri 11 Huamual. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III. V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FULL SKIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di SMP Negeri 11 Huamual dilihat dari penguasaan materi matematika siswa, kemampuan pemecahan dan respon siswa saat belajar menunjukkan bahwa penguasaan dan tingkat pemahaman siswa kelas VII dan penguasaan terhadap materi yang diajarkan cukup memuaskan. Dan ini merupakan salah satu masalah yang dihadapi oleh siswa SMP Negeri 11 Huamual sekarang, khususnya untuk mata pelajaran matematika pada siswa kelas VII. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Materi Aritmatika Sosial Siswa Kelas VII di SMP Negeri 11 Huamual. Jenis penelitian yang dipakai yakni penelitian Kuantitatif. Penelitian berlangsung pada tanggal 21 September sampai 21 Oktober 2020. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 11 Huamual yang berjumlah 20 orang, sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII yang berjumlah 20 oeang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu soal tes dan angket, dengan teknik pengumpulan data yaitu pelaksanaan tes dan angket. Teknik analisis data yang yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada teknik analisis data kuantitatif yaitu statistik deskripsi, statistik inferensial, uji normalitas, uji homogenitas, persamaan regresi linier sederhana, uji ketergantungan (uji-t), dan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan menyangkut pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis siswa dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah pada siswa SMP Negeri 11 Huamual yang berdasarkan hasil analisis uji-t nilai signifikan 0,005 < 0,05. Besar pengaruh pembelajaran berbasis masalah adalah 36,9% dan 69,1% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Nur Apriani Nukuhaly, M. Pd. / Dinar Riyaddin, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Aritmatika Sosial
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 173 not found.
Date Deposited: 19 Jun 2021 21:21
Last Modified: 19 Jun 2021 21:21
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1109

Actions (login required)

View Item View Item