Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Kemandirian Belajar Terhadap Nilai Matematika Konsep Himpunan Pada Siswa Kelas VII Di SMP 6 Leihitu Satu Atap.

HASIM, AGUNG (2020) Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Kemandirian Belajar Terhadap Nilai Matematika Konsep Himpunan Pada Siswa Kelas VII Di SMP 6 Leihitu Satu Atap. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Hasil belajar adalah suatu hasil yang diperoleh siswa setelah siswa tersebut melakukan kegiatan belajar dan pembelajaran serta bukti keberhasilan yang telah dicapai oleh seseorang dengan melibatkan aspek kognitif, afektif maupun psikomotor, yang dinyatakan dalam symbol, huruf maupun kalimat. Selain itu, peran serta orang tua dalam penunjang pendidikan anak juga sangat dibutuhkan. Perhatian orang tua memiliki pengaruh psikologis yang besar terhadap kegiatan belajar anak. Dengan adanya perhatian dari orang tua, anak akan lebih giat dan lebih bersemangat dalam belajar karena ia tahu bahwa bukan dirinya sendiri saja yang berkeinginan untuk maju, akan tetapi orang tuanya pun demikian. Kemandirian siswa dalam pembelajaran ditunjukkan dengan kemampuan mengatasi permasalahan yang ada di dalam proses pembelajaran. Penyelesaian masalah dalam proses pembelajaran tersebut dilakukan dengan melibatkan proses pengambilan keputusan, inisiatif, menunjukkan kepercayaan diri, serta tanggung jawab terhadap apa yang dilakukannya. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) ada tidaknya pengaruh antara perhatian orang tua terhadap nilai Matematika konsep Himpunan pada siswa kelas VII di VII SMP 6 Leihitu Satu Atap. 2) ada tidaknya pengaruh antara kemandirian belajar terhadap nilai Matematika konsep Himpunan pada siswa kelas VII di SMP 6 Leihitu Satu Atap. 3) ada tidaknya pengaruh perhatian orang tua dan kemandirian belajar terhadap nilai Matematika konsep Himpunan pada siswa kelas VII di SMP 6 Leihitu Satu Atap. Kesimpulan dari penelitian yang telah dilaksanakan adalah 1) Terdapat pengaruh antara perhatian orang tua terhadap nilai hasil belajar Matematika konsep Himpunan pada siswa kelas VII di SMP 6 Leihitu Satu Atap yaitu sebesar 0,856. 2) Terdapat pengaruh antara kemandirian belajar terhadap nilai Matematika konsep Himpunan pada siswa kelas VII di SMP 6 Leihitu Satu Atap yaitu sebesar 0,773. Artinya terdapat hubungan yang positif pengaruh kemnadirian belajar terhadap nilai hasil belajar matematika. 3) Terdapat pengaruh perhatian orang tua dan kemandirian belajar terhadap nilai Matematika konsep Himpunan pada siswa kelas VII di SMP 6 Leihitu Satu Atap. Berdasarkan hasil uji regresi ditemukan koefisisen korelasi simultan adalah 0,796. Nilai ini menunjukan bahwa hubungan antara variabel perhatian orang tua dan kemandirian belajar terhadap nilai hasil belajar mtematika siswa memiliki hubungan yang kuat. Artinya kontribusi variabel perhatian orang tua dan kemandirian belajar adalah sebesar 79,6% sementara sisanya sebesar 21,4 % dipengaruhi oleh faktor lain..

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: PEMBIMBING I : Ainun Diana Lating, M.Si / PEMBIMBING II : Gamar Assagaf, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Perhatian Orang Tua, Kemandirian Belajar, Nilai Matematika
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Berdasarkan Subyek > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Fuad Umarella
Date Deposited: 26 Apr 2021 01:09
Last Modified: 26 Apr 2021 01:09
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1111

Actions (login required)

View Item View Item