Ulayo, Nurma wati (2020) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Belajar Siswa Pada Materi Operasi Bilangan Bulat Siswa Kelas VII-2 SMP Negeri 5 Leihitu Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah. Skripsi thesis, IAIN Ambon.
Text
BAB I, III, V.pdf Download (2MB) |
|
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika berdasarkan gaya belajar siswa pada materi operasi bilangan bulat kelas VII-2 SMP Negeri 5 Leihitu. Fokus penelitian meliputi kemampuan siswa dalam menyelesaikan suatu masalah dengan menggunakan langkah-langkah pemecahan masalah menurut polya yaitu memahami masalah, menyusun rencana pemecahan masalah, melaksanakan rencana pemecahan masalah, dan melihat kembali. Dalam proses pembelajaran, gaya belajar siswa untuk memahami dan menyerap pelajaran sudah pasti berbeda tingkatnya ada yang cepat, ada pula yang lambat. Karena mereka seringkali menempuh cara berbeda untuk bisa memahami atau menyerap informasi. Peneliti melihat ada siswa yang senang apabila pembelajaran di lakukan dengan di tujukan gambar-gambar, ada siswa yang senang belajar dengan metode ceramah yaitu mendengarkan guru, dan ada siswa yang senang belajar dengan bergerak atau dilakukan praktek langsung. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Dengan subjek penilitian tiga siswa, dan lokasi yang di telitih adalah Smp Negeri 5 Leihitu. Instrumen penelitian ini adalah soal tes, angket gaya belajar dan wawancara. Metode dalam penelitian ini meliputi : metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Berdasarkan analisis hasil pencapaian siswa dalam menyelesaikan soal operasi bilangan bulat berdasarkan gaya belajar siswa. Menunjukkan bahwa gaya belajar siswa SMP Negeri 5 Leihitu yaitu ada siswa yang memiliki kriteria gaya belajar secara visual, auditorial, dan kinestetik. Selanjutnya ketiga subjek tersebut sudah mampu dalam proses penyelesaian soal yang diberikan sesuai dengan tahap-tahap melakukan operasi penyelesaian, baik dari tahap memahami sampai melaksanakan rencana pemecahan masalah tersebut dalam mencapai hasil akhir yang ingin dicapai. kemudian setelah memperoleh hasil akhir ketiga subyek tidak melakukan pemeriksaan kembali. Sehingga terlihat bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika berdasarkan gaya belajar siswa pada materi operasi bilangan bulat kelas VII-2 SMP Negeri 5 Leihitu sudah mampu mencapai tahap melaksanakan rencana pemecahan masalah matematika dengan menggunakan gaya belajar secara visual,auditoril dan kinestik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Pembimbing I : Nur Apriani Nukuhaly, M. Pd. / Pembimbing II : Gamar Assagaf, M. Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Operasi Bilangan Bulat |
Subjects: | Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Yunita Febriani |
Date Deposited: | 04 Mar 2021 06:33 |
Last Modified: | 04 Mar 2021 06:33 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1125 |
Actions (login required)
View Item |