Penerapan Pendekatan Scientific Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Direct Instruction Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Organisasi Kehidupan Makhluk Hidup Kelas VII SMP Negeri 2 Leihitu

Mahulette, Danti (2020) Penerapan Pendekatan Scientific Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Direct Instruction Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Organisasi Kehidupan Makhluk Hidup Kelas VII SMP Negeri 2 Leihitu. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa pembelajaran sering didominasikan oleh guru sebagai sumber informasi, sehingga secara tidak langsung guru dituntut untuk mengolah pembelajarannya dengan berbagai cara atau strategi. Salah satu strategi pembelajaran yang biasa diterapkan oleh guru dalam mengelolah pembelajarannya dengan menerapkan model pembelajaran Direct Instruction yang dipadukan dengan pendekatan Scientific dalam meningkatakn hasil belajar siswa materi sistem organisasi kehidupan makhluk hidup kelas VII SMP Negeri 2 Leihitu. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Leihitu yang terdaftar pada tahun ajaran 2019/2020 sebanyak 83 siswa yang dibagi dalam 4 kelas. Teknik dalam penentuan sampel adalah random sampling (sampel acak) sehingga yang menjadi sampel dalam penelitian adalah kelas VII2 yang berjumlah 24 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan tes hasil belajar berupa soal sebanyak 20 butir soal pilihan ganda dan 1 butir soal esay. Teknik analisis hasil belajar yang dipakai adalah analisis deskriptif yang dilakukan dalam analisis hasil belajar dan dalam sistem penilaian, Acuan penilaian disesuaikan dengan standar KKM mata pelajaran biologi (75). Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran Direct Instruction dan pendekatan Scientific dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek kognitif yaitu 24 siswa mendapatkan nilai ≥75. sehingga dikatakan siswa kelas VII2 SMP Negeri 2 Leihitu 100 % tuntas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Cornelia Pary, M. Pd. / Pembimbing II : Laila Sahubawa, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Sistem Organisasi Makhluk Hidup
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 05 Mar 2021 01:31
Last Modified: 05 Mar 2021 01:31
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1127

Actions (login required)

View Item View Item