Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Pola Bilangan Kelas VIII SMP Negeri 5 Pulau Haruku

Marasabessy, Jasna (2020) Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Pola Bilangan Kelas VIII SMP Negeri 5 Pulau Haruku. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir reflektif siswa dalam menyelesaikan soal matematika materi pola bilangan kelas Vlll SMP Negeri 5 Pulau Haruku. Tipe penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif adalah penelitian yang menggambarkan suatu keadaan atau fenomena yang terjadi untuk memperoleh data yang bersifat kualitatif dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir reflektif siswa dalam menyelesaikan soal matematika materi pola bilangan kelas Vlll SMP Negeri 5 Pulau Haruku.Penelitian dilaksanakan selama 1 bulan terhitung pada tanggal 13 November 2019 – 13 Desember 2019.Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMP N 5 Pulau Haruku.Teknik analisis data merujuk pada reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses berpikir reflektif siswa kelas VIII SMP N 5 Pulau Haruku diperoleh bahwa siswa pada tahap reacting yaitu siswa mampu menyebutkan apa yang diketahui dalam soal,siswa mampu menyebutkan apa yang ditanyakan dalam soal,siswa mampu menyebutkan hubungan yang ditanya dengan yang diketahui,siswa mampu menjelaskan bahwa yang diketahui sudah cukup untuk menjawab yang ditanyakan. Selanjutnya pada tahap comparing yaitu siswa mampu menjelaskan langkah yang dilakukan untuk menyelesaikan masalah yang ditanyakan, siswa mampu menghubungkan masalah yang ditanyakan dengan masalah yang pernah dihadapi. Selanjutnya pada tahap contemplating yaitu siswa mampu menentukan penyelesaian/solusi dari yang ditanyakan, siswa mampu mendeteksi kesalahan penentuan jawaban, kemudian siswa mampu memperbaiki dan menjelaskan jika terjadi kesalahan dalam menentukan penyelesaian masalah yang ditanyakan, kemudian siswa mampumembuat kesimpulan dengan benar. Sehingga siswa memenuhi 3 indikator berpikir reflektif yaitu Reaction, Comparing, dan Contemplating.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Ajeng Gelora Mastuti, M. Pd. / Pembimbing II : Nurlaila Sehuwaky, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Pola Bilangan
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 08 Mar 2021 01:46
Last Modified: 08 Mar 2021 01:46
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1132

Actions (login required)

View Item View Item