Efektifitas Model Pembelajaran koopertaif Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Himpunan Kelas VII Di SMP Negeri Masawoy Kecamatan Ambalau Kabupaten Buru Selatan

Tukmuly, Nisba (2020) Efektifitas Model Pembelajaran koopertaif Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Himpunan Kelas VII Di SMP Negeri Masawoy Kecamatan Ambalau Kabupaten Buru Selatan. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Model pembelajaran kooperatif tipe talking stick merupakan salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Dengan menerapkan beberapa langkah-langkah dalam pembelajaran. Tujuan dalam peniltian ini pada dasarnya adalah untuk mengetahui kefektivan hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif talking stick dengan hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan menggunkan model pembelajaran kooperatif teknik kepala bernomor di SMP Negeri Masawoy. Adapun jenis peneletian ini adalah penelitian kuantitatif. Dengan instrument yang digunakan peneletian ini adalah instrument tes dan non tes, intrumen tes diantranya soal tes awal dan akhir sedangkan instrument non tes yaitu observasi dan dukementasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis adata inferensial. Populasi yang digunakan dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP. Negeri Masawoy yang berjumlah 51 orang siswa. Sampel yang diambil dalam penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIIA yang berjumlah 25 orang dan kelas VIIB berjumlah 26 sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa jika dilihat dari skor hasil belajar siswa, aktifitas siswa dan respons siswa yang dianalisis secara deskriptif dan inferensial menunjukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model koopertaif tipe talking stick pada pembelajaran matematika lebih efektif dari pada model kooperatif teknik kepala bernomor pada pembelajaran matematika dalam mengajarkan materi pokok himpunan di kelas VII di SMP Negeri Masawoy Kecamatan Ambalau Kabupaten Buru Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Patma Sopamena, M. Pd. I., M. Pd. / Pembimbing II : Syafruddin Kaliky, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 08 Mar 2021 06:42
Last Modified: 08 Mar 2021 06:42
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1136

Actions (login required)

View Item View Item