Efektifitas Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbasis E-Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Relasi dan Fungsi Siswa Kelas VIII MTs Negeri Ambon

ADI JULIANTORO, MUHAMAD (2020) Efektifitas Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbasis E-Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Relasi dan Fungsi Siswa Kelas VIII MTs Negeri Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Full Skripsii.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Keberhasilan dalam belajar tergantung pada cara penyajian materi pembelajaran, dan metode mengajar yang digunakan oleh guru pada proses belajar mengajar. Namun, dalam pembelajaran matematika meskipun telah menggunakan model pembelajaran yang baik tetapi dalam pelaksanaanya tidak memperhatikan langkah-langkah secara baik maka pembelajaran pun tidak akan berhasil. Berdasarkan hasil obeservasi awal dengan seorang guru matematika pada tanggal 22 Agustus 2019 di MTs Negeri Ambon. Bahwa pada umumnya pembelajaran matematika di MTs Negeri Ambon menggunakan model pembelajaran konvensional dengan metode ceramah. Namun ternyata dengan menggunakan model pembelajaran konvensional hasil belajar siswa masih kurang memuaskan. Hal ini dibuktikan dengan KKM matematis siswa yang rendah. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri Ambon yang terdiri dari 8 kelas dan siswa sebanyak 247 orang siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII1 dan VIII2 dengan jumlah siswa 60 siswa. Instrumen yang digunakan berupa soal tes dan lembar observasi. Tehnik analisis terdiri atas Statistik Deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, independen sampel t-tes (uji-t) Hasil penelitian setelah dianalisis menunjukan bahwa tidak terdapat perbedaan secara signifikan dalam menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournamen (TGT) bebasis E- Learning dan model pembelajran konvensional. Hal ini dibuktikan dengan menggunakan model pembelajran (TGT) berbasis E-Learning dengan jumlah siswa 30 siswa, 8 orang siswa (26,4%) memperoleh nilai baik sekali (A), 19 orang siswa (62,7%) memperoleh nilai baik (B), 3 orang siswa (9,9%) memperoleh nilai cukup (C). Untuk menggunakan model pembelajaran konvensional dari jumlah siswa 30 siswa, 6 orang siswa (19,8%) memperoleh nilai baik sekali (A), 17 Orang siswa (56,1%) memperoleh nilai baik (B), 6 orang siswa (19,8%) memperoleh nilai cukup (C), 1 orang siswa (3,3%) memperoleh nilai kurang D). Kemudian dibuktikan dengan hasil uji beda rata-rata dimana thitung < ttabel pada taraf signifikan 5% dengan db = 58 (1.247 < 1.6991). namun jika dilihat dari rata-rata yang diperoleh pada setiap model pembelajaran terdapat perbedaan yaitu : model pembelajaran (TGT) berbasis E-Learning adalah 76,30 sedangkan model pembelajran konvensional adalah : 73,13

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Samad Umarella, M.Pd / Pembimbing II : Dinar Riaddin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Teams Games Tournament (TGT) Berbasis E-Learning, konvensional
Subjects: IAIN Ambon > Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Fuad Umarella
Date Deposited: 14 Sep 2021 04:59
Last Modified: 14 Sep 2021 04:59
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1138

Actions (login required)

View Item View Item