Profil Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa kelas VII SMP. Negeri 21 Ambon Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Berbantuan Mind Mapping

ALI, SEPTO (2020) Profil Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa kelas VII SMP. Negeri 21 Ambon Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Berbantuan Mind Mapping. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa kelas VII SMP.Negeri 21 Ambon Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Berbantuan Mind Mapping. Penelitian ini merupakan penelitian gabungan, sampel yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 21 Ambon sebanyak 20 orang. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: soal tes kemampuan komunikasi matematis, angket respon siswa, lembar observasi guru, lembar observasi siswa dan pedoman wawancara. Berdasarkan hasil analisis data deskriptif diperoleh rata-rata nilai sebelum perlakuan (pre-test) sebesar 38,83, dan rata-rata setelah perlakuan (posttest) sebesar 77,33 dengan peningkatan sebelum ke setelah perlakuan sebesar 38,5. Adapun hasil analisis dengan uji paired samples T-Test pada hasil pre-test dan post-test diperoleh nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,000 ≤ 0,05, dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think talk write berbantuan mind mapping terhadap kemampuan komunikasi matematis. Hasil ini didukung oleh data kualitatif berupa analisis hasil tes yang diperkuat dengan wawancara dan memperoleh hasil bahwa setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think talkwrite berbantuan mind mapping peserta didik mampu memenuhi indikator written text, drawing dan mathematical expression. Dari hasil pengamatan pelaksanaan pembelajaran, diperoleh bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write berbantuan mind mapping berlangsung efektif dan peserta didik terlibat aktif dalam pembelajaran. Di samping itu, hasil angket respon menunjukan bahwa peserta didik merespon positif pelaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write berbantuan mind mapping.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Abdillah, M.Pd. / Pembimbing II : Nur Apriani Nukuhaly, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kooperatif Tipe Think Talk Write, Mind Mapping, dan Kemampuan Komunikasi Matematis
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Fuad Umarella
Date Deposited: 14 Sep 2021 05:00
Last Modified: 14 Sep 2021 05:00
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1185

Actions (login required)

View Item View Item