Rahanyaan, Nurlaila (2020) Peran Taman Pendidikan Al-Qur’an Al Muhaimin Dalam Meningkatkan Kualitas baca Al-Qur’an Dan Pembentukkan Akhlak Santri Di RT. 003. RW. 17 Desa Batu Merah Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.
Text
BAB I, III, V.pdf Download (2MB) |
|
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi ini mengkaji tentang Peran Taman Pendidikan al-Qur’an Al Muhaimin Dalam Meningkatkan Kualitas baca al-Qur’an dan Pembentukkan Akhlak Santri di RT. 003. RW. 17 Desa Batu Merah Ambon. Adapun permasalahan yang dikemukakan ialah Bagaimana peran Taman Pendidikan Al- Muhaimin dalam menigkatkan kualitas baca al-Qur’an santri dan Apa saja peluang dan kendala Taman Pendidikan al-Qur’an Al- Muhaimin dalam meningkatkan kualitas baca al-Qur’an. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini terdiri dari Penelitian lapangan (Field research) dan didukung oleh penelitian kepustakaan (Library Research). Penelitian lapangan yaitu peneliti secara langsung terjun di lapangan sebagai instrumen pengumpulan data. Sedangkan penelitian kepustakaan ialah penelitian yang dilakukan dengan mengutip beberapa sumber dan beberapa teori- teori para ahli serta buku-buku yang berkaitan dengan objek yang akan diteliti. Penelitian juga dilakukan secara langsung yaitu dengan mengambil data dari artikel-artikel dan websites internet. Dari hasil penelitian yang dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan yaitu : peranan yang dilakukan taman pendidikan al-Qur’an dalam meningkatkan kualitas baca al-Qur’an dan pembentukkan akhlak santri dengan memberikan materi pokok yaitu kemampuan membaca al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai ilmu tajwid dan materi penunjang diantaranya, tata cara wudhu dan sholat fardhu 5 waktu yang baik dan benar, hafalan bacaan sholat, praktek ceramah, kisah-kisah tentang para nabi dan akhlak. Adapun faktor pendukung dalam meningkatkan kualitas baca al-Qur’an terdiri dari adanya motivasi dari orang tua siswa untuk lebih memperhatikan kemajuan anaknya dalam baca tulis al-Qur’an, adanya sifat keteladanan yang dicerminkan oleh seorang pengajar atau ustaz dalam proses pembelajaran baca al-Qur’an dan adanya keaktifan antara guru dan siswa dalam proses pembelajaran baca al-Qur’an. Sedangkan faktor pendorong dalam pembentukan akhlak terdiri dari faktor orang tua, motivasi santri dan lingkungan masyarakat. Dan faktor penghambat dalam meningkatkan kualitas baca al-Qur’an adalah kurangnya ketersediaan waktu yang cukup untuk kegiatan pembinaaan dan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Pembimbing I : Ummu Sa'idah, M. Pd. I. / Pembimbing II : Nurlaila Sopamena, M. Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Peranan TPQ, Kualitas Baca, Pembentukkan Akhlak |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Yunita Febriani |
Date Deposited: | 19 Apr 2021 00:56 |
Last Modified: | 19 Apr 2021 00:56 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1216 |
Actions (login required)
View Item |