Analisis Kemampuan Representasi Visual Matematika Siswa Kelas VII MTs. Hasyim As’ari Ambon Dalam Menyelesaikan Soal Penyajian Data

Wabula, Fitriani (2020) Analisis Kemampuan Representasi Visual Matematika Siswa Kelas VII MTs. Hasyim As’ari Ambon Dalam Menyelesaikan Soal Penyajian Data. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Representasi visual ialah kemahiran siswa dalam menyajikan informasi matematika kedalam bentuk gambar, diagram grafik, ataupun tabel untuk mencari solusi dari masalah yang sedang dihadapi Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan proses representasi visual siswa kelas VII MTS Hasyim As’ari Ambon dalam menyelesaikan soal penyajian data. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dengan menggunakan istrumen berupa soal tes dan wawancara. Penelitian ini dilasanakan di MTS Hasyim As’ari Ambon selama 1 bulan dari tanggal 31 Agustus sampai 30 September 2020. Dari 16 siswa calon subjek yang diberikan soal tes terpilih 6 siswa 2 subjek menjawab benar dan yang memiliki kemampuan representasi visual dan 4 subjek menjawab salah dan diambil 2 subjek sebagai perwakilan untuk dianalisis datanya. Untuk Nesya Putri Azahra (NPA) yang selanjutnya disebut subjek 1 (S1), yang menjawab benar dan Ikbal (I) yang selanjutnya disebut subjek 2 (S2) mewakili subjek yang menjawab salah tetapi saat diwawancara subjek dapat memperbaiki kesalahannya sehingga jawaban menjadi benar dan memenuhi indikator representasi visual berupa tabel dan diagram. Hasil penelitian yang diperoleh dapat diambil kesimpulan bahwa kemampuan representasi visual matematika siswa kelas VII MTs Hasyim Asy’ari Ambon dalam menyelesaikan soal penyajian data siswa dalam proses peyelesaian soal tes, siswa menyelesaikan masalah dengan menggunaan representasi visual berupa tabel dan gambar adalah sudah benar. Namun terdapat sebagian siswa melakukan kesalahan pada tahap membuat diagram lingkaran sehingga mengakibatkan kesalahan pada jawabanya. Tetapi saat diwawancara subjek dapat memperbaiki kesalahannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Patma Sopamena, M. Pd. I., M. Pd. / Pembimbing II : Fahruh Juhaevah, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Representasi Visual Matematika
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 20 Apr 2021 03:19
Last Modified: 20 Apr 2021 03:19
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1220

Actions (login required)

View Item View Item