Pengaruh Tingkat Kejenuhan Siswa Terhadap Pembelajaran Berbasis Soal Non Rutin Pada Materi Perbandingan

Renuat, Endang (2020) Pengaruh Tingkat Kejenuhan Siswa Terhadap Pembelajaran Berbasis Soal Non Rutin Pada Materi Perbandingan. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (15MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30MB)

Abstract

Tingkat kejenuhan merupakan suatu tindakan yang dilakukan oleh seseorang secara berulang-ulang dalam situasi yang membosankan sehingga mengakibatkan terjadinya perubahan tingkah laku dalam diri seseorang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tingkat kejenuhan siswa dalam pembelajaran matematika setelah menggunakan soal-soal non rutin pada materi perbandingan kelas VII SMP Negeri 2 Taniwel dan untuk mengetahui besar pengaruh tingkat kejenuhan siswa dalam pembelajaran matematika setelah menggunakan soal-soal non rutin pada materi perbandingan kelas VII SMP Negeri 2 Taniwel. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif, penelitian dilaksanakan selama 1 bulan terhitung pada tanggal 07 September – 07 Oktober 2020.Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Taniwel.Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan teknik analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Ada pengaruh tingkat kejenuhan siswa dalam pembelajaran matematika setelah menggunakan soal-soal non rutin pada materi perbandingan kelas VII SMP Negeri 2 Taniwel. Hal ini dibuktikan dengan pengujian hipotesis menggunakan SPSS statistic 17.0 (α = 5%) bahwa nilai Sig= 0,002 < 5%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa nilai Sig < 5% dan nilai rata-rata hasil belajar siswa menggunakan soal non rutin yang menunjukkan kategori baik yaitu dengan nilai rata-ratanya adalah 77,13. (2) Besar pengaruh tingkat kejenuhan siswa dalam pembelajaran matematika setelah menggunakan soal-soal non rutin pada materi perbandingan kelas VII SMP Negeri 2 Taniwel yaitu sebesar 38,9%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Ajeng Gelora Mastuti, M. Pd. / Pembimbing II : Gamar Assagaf, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Tingkat Kejenuhan Siswa, Perbandingan, Matematika
Subjects: IAIN Ambon > Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 20 Apr 2021 03:21
Last Modified: 20 Apr 2021 03:21
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1222

Actions (login required)

View Item View Item