Analisis Kesulitan Konstruksi Konsep Siswa Dalam Menyelesaiakan Masalah Materi Fungsi

Amin, Muhammad (2020) Analisis Kesulitan Konstruksi Konsep Siswa Dalam Menyelesaiakan Masalah Materi Fungsi. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Konstruksi konsep dalam matematika berarti menyusun atau membangun suatu konsep. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana karakteristik Kesulitan Konstruksi Konsep Siswa dalam Menyelesaiakan Masalah Materi Fungsi. Instrumen yang digunakan adalah soal tes dan pedoman wawancara. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini berlangsung dari tanggal 24 Agustus sampai dengan 24 September 2020 di kelas VIII SMP Negeri 2 Huamual Belakang yang terdiri dari satu kelas dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Selanjutnya dari 20 orang siswa, kemudian diberikan soal tes essay dan diminta diselesaikan, dan untuk mengetahui kesulitan konstruksi siswa yang menjawab salah. Selanjutnya jika siswa yang menjawab benar maka tidak digunakan sebagai subjek penelitian dan jika siswa yang menjawab salah maka diambil sebagai subjek penelitian dan dilakukan refleksi. Sehingga diperoleh 4 subjek yang dapat memperbaiki jawabannya menjadi jawaban yang benar dan dilakukan wawancara. Sehingga dapat memenuhi indikator kesulitan. Subjek yang mengalami kesulitan konstruksi konsep salah diwakili oleh SL yang disebut subjek 1 (S1), dan diwakili oleh DRL yang disebut subjek 2 (S2). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang melakukan, Kesulitan Konstruksi Konsep Siswa dalam Menyelesaiakan Masalah Materi Fungsi. Subjek dinyatakan mengalami kesulitan konstruksi konsep pada saat menyelesaikan masalah materi fungsi sesuai indikator kesulitan, pertama, kesulitan dalam menerapkan prinsip yaitu; kesalahan dalam menetukan relasi yang mana yang merupakan fungsi dan bukan fungsi dan kedua, kesulitan memahami masalah verbal yaitu; salah dalam menentuka domain, kodomain dan range (daersh hasil). awalnya memberikan jawaban yang salah, namun setelah diminta melakukan refleksi, dapat memperbaiki jawabannya menjadi jawaban yang benar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Patma Sopamena, M. Pd. I., M. Pd. / Pembimbing II : Gamar Assagaf, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Aljabar
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 20 Apr 2021 03:30
Last Modified: 20 Apr 2021 03:30
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1224

Actions (login required)

View Item View Item