Konflik Kognitif Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Persamaan Kuadrat SMP Muhammadiyah Ambon

Rumbia, Fitri (2021) Konflik Kognitif Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Persamaan Kuadrat SMP Muhammadiyah Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Konflik kognitif merupakankeadaan dimana terdapat ketidakcocokan/ ketidaksesuaian atau ketidakseimbangan mental antara struktur kognitif yang dimiliki oleh seseorang dengan informasi yang baru dia dapat dari luar (lingkungan). Ketidakyakinan, keraguan, kebingungan, kontradiksi, yang bertentangan dengan hal yang ada dalam pikirannya, maka hal tesebut menjaditanda-tanda dari konflik kognitif dan hanya yang bersangkutan menyadariterjadinya konflik kognitif yang dialami namun konflik kognitif bisa dibentuk atau dimunculkan oleh orang lain, khususnya guru apabila peserta didik dihadapkan pada informasi-informasi yang berbeda dengan apa yang telah dipahami.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konflik kognitif siswa dalam menyelesaikan masalah persamaan kuadrat. Tipe penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif yang dilaksanakan secara daring (online)di masing-masing rumah peserta didik. Instrument yang digunakan yaitu tes dan wawancara. Jumlah subjek yang diambil yaitu 3 orang subjek berdasarkan variabel konflik kognitif konstruktif, destruktif dan tak berarti. Berdasarkan hasil penelitian, maka; (1) SubjekS_1mengalami konflik kognitif konstruktif dimana subjekS_1mengalami konflik kognitif konstruktif dengan tidak menyadari adanya kesalahan prosedural dalam menghitung jumlah akar persamaan kuadrat; (2) SubjekS_2mengalami konflik kognitif destruktif dimana subjekS_2 mengalami konflik kognitif destruktif dengan menyakini jawaban rumus jumlah akar yang dikerjakan benar, namun setelah peneliti mengkonfirmasi ulang rumus jumlah akarnya subjek S_2menyadari adanya kesalahan prosedural dalam menghitung jumlah akar persamaan kuadrat; dan (3) SubjekS_3mengalami konflik kognitif tak berarti dimana dalam menyelesaikan soal, SubjekS_3cenderung menyelesaikan soal hanya sebagian saja atau tidak keseluruhan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Ajeng Gelora Mastuti, M. Pd. / Pembimbing II : Syafruddin Kaliky, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Persamaan Kuadrat
Subjects: IAIN Ambon > Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 06 May 2021 04:32
Last Modified: 06 May 2021 04:32
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1239

Actions (login required)

View Item View Item