Pemahaman Siswa Berkebutuhan Khusus Tunagrahita Terhadap Konsep Matematis

Nurhayati, Nurhayati (2021) Pemahaman Siswa Berkebutuhan Khusus Tunagrahita Terhadap Konsep Matematis. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Anak Tunagrahita merupakan salah satu golongan anak berkelainan mental yang mempunyai kemampuan intelektual di bawah rata-rata dan memiliki keterbatasan dalam ha! berpikir, seperti kemampuan berpikimya rendah, perhatian dan daya ingatannya lemah, sukar berpikir abstrak seperti mengarang, menyimpulkan isi bacaan, menggunakan simbol-simbol, berhitung dan dalam semua pelajaran yang bersifat teoritis, serta kurang mampu berpikir logis. Hal tersebut menyebabkan anak tunagrahita mengalami kesulitan dalam menerima pelajaran, khususnya matematika. Tujuan dalam penelitian ini adalah unt k mendeskripsikan pemahaman siswa berkebutuhan khusus tunagrahita terhad p konsep matematis. Tipe penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, instrumen yang diguna.kan adalah wawancara dan tes uraian. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diperoleh kesimpulan bahwa pemahaman siswa berkebutuhan khusus tunagrahita terhadap konsep matematis adalah sebagai berikut. (a) Dalam menyatakan ulang konsep operasi hitung penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian, siswa mengungkapkan dengan melihat larnbang-lambang operasi pada soal yang diberikan. (b) Dalam mengklarifikasikan objek-objek menurut sifat-sifat tertentu (sesuai dengan konsepnya), dengan membedakan antara operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian pada soal yang diberikan secara berurutan. (c) Dal m menyajikan konsep penjumlahan, pengurangan, perkalian dam pembagian dalam berbagai bentu.k representasi matematis, siswa menyajikannya dalam bentuk bersusun pada operasi penjumlahan dan pengurangan sedangkan pada operasi perkalian dan pembagian siswa menggunakan penjumlahan dan pengurangan berulang. (d) Dalam menggunakan, memanfaatkan, dan memilih prosedur atau operasi tertentu dengan menyelesaikan soal operasi penj umlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian yang diberikan salah satu siswa membutuhkan ara an dan bimbingan dalam proses mengerjakan soal sedangkan siswa yang lainnya dapat mengerjakan soal sendiri meski jawaban yang diberikan belum sesuai dengan prosedur atau cara yang semestinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Ajeng Gelora Mastuti, M. Pd. / Pembimbing II : Nurlaila Sehuwaky, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Tunagrahita, Konsep Matematis, Anak Berkebutuhan Khusus
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 18 May 2021 01:28
Last Modified: 18 May 2021 01:28
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1290

Actions (login required)

View Item View Item