Karakterisasi penalaran proporsional mahasiswa IAIN Ambon dalam memecahkan masalah rasio dan proporsi

Sopamena, Patma (2015) Karakterisasi penalaran proporsional mahasiswa IAIN Ambon dalam memecahkan masalah rasio dan proporsi. Ambon, 7 (2). ISSN 1829-8169

[img] Text
Karakterisasi penalaran proporsional mahasiswa IAIN Ambon dalam memecahkan masalah rasio dan proporsi.pdf

Download (209kB)

Abstract

Penelitian ini menganalisis penalaran proporsional mahasiswa sebagai guru pre-service yang akan mengajarkan dan mengembangkan penalaran proporsional siswa baik tingkat dasar maupun menengah. Sehingga tujuannya adalah untuk mendeskripsikan penalaran proporsional mahasiswa yakm 'strategi pemecahan masalah rasio dan proporsi pada situasi proporsional dan mengidentifikasi karakteristik penalaran proporsional mahasiswa dalam memecahkan masalah rasio dan proporsi'. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik strategi yang dilakukan subjek merupakan strategi yang pada umumnya dilakukan dalam menyelesaikan masalah proporsi dan rasio yang berkaitan dengan perbandmgan numerik dan masalah nilai hilang, diantaranya karakteristik strategi perkalian yang dilakukan oleh subjek 1 (SI) dan subjek 2 (S2) dan strategi formal yang dilakukan oleh subjek 3 (S3), namun hampir semua subjek melakukan strategi yang sama.

Item Type: Article
Subjects: IAIN Ambon > Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika

Penelitian Dosen
Divisions: Jurnal
Depositing User: Usemahu Abdullah
Date Deposited: 12 Aug 2021 07:55
Last Modified: 12 Aug 2021 07:55
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1498

Actions (login required)

View Item View Item